Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Halaman 175 Bacaan “Berhenti Menggangguku!”


Berikut adalah soal pertanyaan Bahasa Indonesia Kelas 5 SD halaman 175 bacaan “Berhenti Menggangguku!” beserta kunci jawabannya.

1. Apa masalah yang dihadapi Titan?

Jawaban:
Masalah yang dihadapi Titan adalah ia sering diganggu dan di-bully oleh temannya, yaitu Bobi. Bobi suka menyengatnya dengan ejekan tentang kacamatanya dan menyulitkan kehidupan Titan di sekolah.

2. Mengapa Bobi suka mengganggu Titan?

Jawaban:
Bobi suka mengganggu Titan karena ia merasa iri pada kecerdasan Titan. Titan merupakan anak terpandai di kelas, dan Bobi merasa cemburu karena tidak bisa menandingi prestasi Titan dalam belajar. Karena rasa iri itu, Bobi mencoba menghina dan menyakiti Titan dengan cara merendahkannya.

3. Bagaimana Ibu Guru bisa mengetahui kejadian ini?

Jawaban:
Ibu Guru bisa mengetahui kejadian ini karena suara Bobi yang mengganggu Titan terdengar olehnya saat ia melintas di lorong sekolah.

4. Apakah nasihat Ibu Guru?

Jawaban:
Nasihat Ibu Guru kepada Bobi adalah bahwa tindakannya terhadap Titan merupakan tindakan merundung atau bullying yang tidak baik. Ibu Guru menjelaskan bahwa tindakan tersebut dapat menimbulkan dampak negatif pada Titan dan membuatnya merasa sedih dan tidak nyaman di sekolah. Ibu Guru menyarankan agar Bobi belajar dari Titan dan mencoba menjadi teman yang baik, belajar bersama dengan Titan, serta mencontoh cara belajar yang membuat Titan berprestasi.

5. Bagaimana Bobi menyikapi nasihat Ibu Guru?

Jawaban:
Setelah mendengar nasihat Ibu Guru, Bobi merasa malu dengan tindakan dan perilakunya selama ini. Ia menyadari bahwa tindakannya salah dan telah menyakiti temannya sendiri. Setelah mengetahui bahwa Titan tidak membencinya dan bahkan mengajaknya untuk belajar bersama, Bobi bersedia meminta maaf kepada Titan dan berjanji untuk menjadi teman yang baik, mencoba belajar bersama dengan Titan, dan berusaha meniru cara belajar yang membuat Titan sukses.

JAWABAN SINGKAT:

1. Dia sering diganggu dan di-bully oleh Bobi.

2. Bobi iri pada kecerdasan dan prestasi belajar Titan.

3. Ibu Guru mendengar Bobi mengganggu Titan di lorong sekolah.

4. Bobi diberi tahu bahwa tindakan menyakiti Titan adalah tindakan merundung atau bullying yang buruk. Ibu Guru menyarankan agar Bobi belajar dari Titan dan menjadi teman yang baik.

5. Bobi merasa malu dan minta maaf kepada Titan. Ia bersedia belajar bersama Titan dan berusaha meniru cara belajar yang sukses dari Titan. 

Comments