Jika Kalian Ingin Membuat File Presentasi yang Berisi Grafik-Grafik dengan Data Baru, Mekanisme Apa yang Bisa Kalian Lakukan untuk Mengintegrasi Word dan Excel?


Jika kalian ingin membuat file presentasi yang berisi grafik-grafik dengan data baru, mekanisme apa yang bisa kalian lakukan untuk mengintegrasi Word dan Excel?

Jawaban:

Mekanisme yang bisa saya lakukan untuk mengintegrasi Word dan Excel dalam membuat file presentasi yang berisi grafik-grafik dengan data baru adalah sebagai berikut.

1. Persiapkan data di Excel
Buka Excel dan masukkan atau impor data baru yang ingin Anda gunakan untuk grafik-grafik di presentasi. Pastikan data sudah terorganisir dengan baik dan siap untuk digunakan.

2. Buat grafik di Excel
Pilih data yang ingin Anda visualisasikan dalam grafik. Kemudian, pilih jenis grafik yang sesuai dengan data Anda. Excel menyediakan berbagai pilihan grafik, seperti grafik batang, grafik garis, grafik lingkaran, dan lain-lain. Setelah membuat grafik, pastikan untuk memformatnya dengan tampilan yang diinginkan.

3. Salin grafik ke Word
Setelah grafik selesai dibuat di Excel, pilih grafik tersebut dan salin (Ctrl+C) ke clipboard komputer Anda.

4. Buka presentasi di Word
Buka file presentasi di Word tempat Anda ingin menyisipkan grafik.

5. Sisipkan grafik
Pada posisi di mana Anda ingin menyisipkan grafik, tempatkan kursor dan pilih opsi "Paste" (Tempel) atau tekan Ctrl+V. Grafik dari Excel akan disisipkan ke dalam file presentasi Word.

6. Sesuaikan tampilan grafik
Setelah grafik disisipkan ke dalam Word, Anda dapat menyesuaikan tampilannya sesuai kebutuhan. Word menyediakan berbagai opsi pemformatan grafik, seperti mengubah ukuran, menambahkan judul, menyesuaikan sumbu, dan lain-lain. Gunakan alat pemformatan di Word untuk mengubah tampilan grafik sesuai preferensi Anda.

7. Update data grafik
Jika data yang digunakan dalam grafik di Excel berubah, Anda dapat memperbarui grafik yang ada di Word. Caranya adalah dengan mengklik kanan grafik di Word dan memilih opsi "Edit Data" (Edit Data) atau "Update Link" (Perbarui Tautan). Hal ini akan membuka grafik di Excel, di mana Anda dapat memperbarui atau mengganti data. Setelah data diperbarui, grafik di Word akan secara otomatis diperbarui sesuai perubahan tersebut.

Comments