JAWABAN! Pernyataan yang Benar Mengenai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Adalah...

Pernyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah...
a. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran akan sama untuk semua guru dan murid.
b. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi standar minimum yang harus dicapai setiap murid.
c. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid.
d. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak berkaitan dengan aktivitas selama proses pembelajaran dan strategi asesmen yang akan dilakukan.

Jawaban: C. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid.

Penjelasan:

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah standar atau ukuran yang digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Kriteria ini dapat bervariasi tergantung pada konteks dan kebutuhan siswa. Namun, kriteria tersebut memberikan informasi penting kepada guru mengenai kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam kenyataannya, setiap siswa memiliki kebutuhan, potensi, dan cara belajar yang berbeda.

Oleh karena itu, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak akan sama untuk setiap guru dan murid. Setiap guru perlu mempertimbangkan kondisi dan kemampuan siswa dalam menyesuaikan strategi pembelajaran yang tepat.

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran memberikan pedoman kepada guru untuk mengevaluasi pemahaman siswa dan menentukan tindak lanjut yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa.

Selama proses pembelajaran, aktivitas dan strategi asesmen juga penting untuk memastikan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Namun, pernyataan d menyatakan bahwa kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak berkaitan dengan aktivitas selama proses pembelajaran dan strategi asesmen yang akan dilakukan adalah tidak benar.

Aktivitas dan strategi asesmen merupakan alat yang digunakan untuk mengevaluasi kemajuan siswa dan memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai.

Dengan memahami kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, guru dapat melihat sejauh mana siswa telah memahami materi, mengidentifikasi kelemahan atau kebutuhan khusus siswa, dan mengadaptasi metode pengajaran dan strategi pembelajaran yang sesuai.

Dengan demikian, pilihan c merupakan pernyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Komentar