JAWABAN! Di Dalam Penerapan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, Terdapat Komponen yang Dapat Kita Kaji Secara Berkala Dalam Kurun Waktu Tertentu

Di dalam penerapan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, terdapat komponen yang dapat kita kaji secara berkala dalam kurun waktu tertentu. Visi dan Misi tidak termasuk di dalam komponen tersebut. Penyataan di atas adalah…
A. Benar
B. Salah

Jawaban yang tepat adalah B. Salah.

Pernyataan tersebut tidak benar karena visi dan misi termasuk dalam komponen yang dapat dievaluasi secara berkala dalam penerapan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan.

Evaluasi berkala dilakukan untuk memastikan bahwa kurikulum dan program pendidikan yang dijalankan sesuai dengan visi dan misi sekolah.

Visi merupakan gambaran ideal tentang tujuan jangka panjang yang ingin dicapai oleh sekolah.

Visi ini mencerminkan cita-cita sekolah dan arah yang ingin dikejar dalam pengembangan pendidikan.

Sementara, misi menjelaskan tujuan dan peran sekolah dalam mencapai visi tersebut.

Misi merujuk pada langkah konkret yang akan diambil oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.

Dalam Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, visi dan misi menjadi landasan utama dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum serta program pendidikan yang ada.

Evaluasi berkala dilakukan untuk memastikan bahwa setiap kegiatan dan komponen pendidikan sesuai dengan visi dan misi sekolah, sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.