Disebut Apakah Tanaman Kak Tiur? Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 30-31


Disebut apakah tanaman Kak Tiur?

Jawaban:

Tanaman Kak Tiur disebut "sukulen," yakni jenis tanaman dengan daun tebal untuk menyimpan air. Harus dijaga agar tidak terlalu sering disiram, agar akarnya tidak membusuk.

Penjelasannya:

Tanaman yang dimiliki oleh Kak Tiur disebut "sukulen." Sukulen merupakan kelompok tanaman yang memiliki adaptasi khusus untuk bertahan dalam kondisi lingkungan yang kering. Ciri khas dari tanaman sukulen adalah daunnya yang tebal, lebar, dan mampu menyimpan cadangan air di dalam jaringan daun tersebut.

Karena kemampuan menyimpan air ini, tanaman sukulen dapat bertahan hidup dalam kondisi kekeringan dan cuaca panas. Daun tebalnya berfungsi sebagai "tangki" untuk menyimpan air, sehingga mereka tidak bergantung pada pasokan air dari tanah dengan frekuensi tinggi seperti tanaman biasa.

Namun, karena kemampuan ini pula, tanaman sukulen menjadi rentan jika terlalu sering disiram. Jika akar dan batangnya terendam air terlalu lama, mereka dapat mengalami pembusukan dan akhirnya mati. Oleh karena itu, tanaman sukulen lebih disukai untuk ditanam dalam pot dengan media tanam yang memiliki drainase baik, sehingga kelebihan air dapat dengan mudah keluar dari pot dan tidak menyebabkan genangan.

Jadi, bagi Kak Tiur yang memiliki tanaman sukulen, penting untuk mengenali karakteristik tanaman tersebut dan menyiramnya dengan bijaksana, yaitu hanya saat tanah di dalam pot sudah benar-benar kering. Dengan cara ini, tanaman sukulen akan tetap sehat dan dapat tumbuh dengan baik.

Comments