Dari Mana Lala Mengetahui Baju itu Tidak Muat Lagi Untuknya? Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 6


Dari mana Lala mengetahui baju itu tidak muat lagi untuknya?

Jawaban:

Lala mengetahui baju itu tidak muat lagi untuknya setelah mencobanya dan merasa gerah serta kesulitan bernapas. Saat mencoba menggaruk punggungnya, baju itu pun sobek, membuatnya menyadari bahwa ia sudah tidak cocok lagi memakainya.

Penjelasannya:

Di dalam cerita tersebut, Lala mengetahui bahwa baju tersebut tidak muat lagi untuknya melalui beberapa tanda yang dialami saat mencoba memakainya.

1. Lala merasa gerah dan kesulitan bernapas
Saat Lala mencoba memakai baju favoritnya, dia merasa ketidaknyamanan karena baju itu sudah menjadi terlalu kecil untuknya. Cuaca yang panas mungkin membuatnya semakin sulit untuk merasa nyaman saat baju tersebut tidak cukup longgar.

2. Kulitnya terasa gatal
Karena baju itu sudah terlalu sempit, kulit Lala menjadi tergesek atau tidak bisa bernapas dengan baik, menyebabkan sensasi gatal pada kulitnya.

3. Baju tersebut sobek saat mencoba menggaruk punggung
Akhirnya, saat Lala mencoba menggaruk punggungnya, baju tersebut pun sobek. Ini adalah tanda jelas bahwa baju tersebut tidak lagi muat dan sesuai untuk Lala.

Melalui serangkaian tanda dan pengalaman tersebut, Lala menyadari bahwa dia sudah tidak cocok lagi memakai baju favoritnya itu.

Kemudian, dia memutuskan untuk memberikan baju tersebut kepada adiknya, Kiki, yang ukurannya cocok dan sesuai untuknya.