Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Carilah Informasi Tambahan tentang Pentingnya Air Bagi Tubuh Kita - Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 190

Carilah informasi tambahan tentang pentingnya air bagi tubuh kita. 

Jawaban:

Berikut informasi tambahan tentang pentingnya air bagi tubuh kita:

1. Ciri-ciri air putih yang aman diminum
Air putih yang aman diminum harus memenuhi beberapa kriteria. Pertama, air tersebut harus jernih dan tidak berwarna, karena air yang keruh atau berwarna mungkin mengandung kotoran atau zat-zat berbahaya.

Kedua, rasanya harus netral atau segar, tidak ada bau atau rasa aneh yang tidak biasa. Air putih yang aman juga biasanya tidak mengandung bakteri, virus, atau zat kimia berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan penyakit.

2. Keunggulan air putih dibandingkan dengan jenis minuman lain
Air putih memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan minuman lainnya. Pertama, air putih tidak mengandung kalori, gula, atau bahan tambahan lainnya, sehingga cocok untuk menjaga berat badan dan kesehatan tubuh.

Selain itu, air putih membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, yang sangat penting karena tubuh kita sebagian besar terdiri dari air.

Air juga membantu mengatur suhu tubuh, menyokong fungsi organ, dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

3. Mengapa air minum perlu dimasak terlebih dahulu?
Memasak air sebelum diminum sangat penting, terutama jika air berasal dari sumber yang tidak terjamin kebersihannya. Proses pemasakan membunuh bakteri, virus, dan kuman lainnya yang dapat menyebabkan penyakit jika masuk ke dalam tubuh kita.

Hal ini khususnya penting di daerah-daerah di mana sanitasi dan kebersihan air belum terjamin.

Dengan memasak air terlebih dahulu, Anda dapat memastikan bahwa air yang Anda minum aman untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan masalah kesehatan.

4. Sumber-sumber air yang bisa dikonsumsi
Ada beberapa sumber air yang bisa dikonsumsi. Yang paling umum adalah air minum dari kran yang sudah diolah dan dijamin kebersihannya oleh pemerintah atau penyedia air.

Selain itu, air mineral yang dijual dalam kemasan juga aman untuk diminum karena telah melewati proses pemurnian dan pengemasan yang ketat.

Air dari sumur dalam atau sumur dangkal juga bisa dikonsumsi jika telah diuji dan dipastikan kebersihannya.

Tetapi, air sungai, danau, atau kolam biasanya tidak aman untuk diminum tanpa dimasak terlebih dahulu karena mungkin mengandung kuman dan kontaminan lainnya.