Berikut Ini yang Perlu Dihindari dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah...


Berikut ini yang perlu dihindari dalam merumuskan tujuan pembelajaran adalah...
A. Kemampuan prasyarat yang perlu dipelajari peserta didik untuk menguasai kompetensi pada Capaian Pembelajaran
B. Ada penjabaran konsep, keterampilan dan konten inti yang diperlukan untuk mencapai Capaian Pembelajaran
C. Tujuan Pembelajaran disampaikan dengan bahasa/istilah yang mudah dipahami.
D. Tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru secara mandiri tanpa melibatkan guru lain pada fase yang sama.

Jawaban:

A. Kemampuan prasyarat yang perlu dipelajari peserta didik untuk menguasai kompetensi pada Capaian Pembelajaran.

Pilihan A perlu dihindari karena mencantumkan kemampuan prasyarat yang harus dipelajari oleh peserta didik sebelum mereka dapat mencapai kompetensi pada Capaian Pembelajaran.

Hal ini tidak ideal karena seharusnya tujuan pembelajaran difokuskan pada hasil yang ingin dicapai oleh peserta didik, bukan pada kemampuan prasyarat yang harus dipenuhi sebelum mencapai tujuan tersebut.

B. Ada penjabaran konsep, keterampilan, dan konten inti yang diperlukan untuk mencapai Capaian Pembelajaran.

Pilihan B sebenarnya merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Penjabaran konsep, keterampilan, dan konten inti yang diperlukan adalah hal yang penting untuk mencapai Capaian Pembelajaran. Oleh karena itu, pilihan B seharusnya tidak dihindari, melainkan perlu diperhatikan dengan baik dalam merumuskan tujuan pembelajaran.

C. Tujuan Pembelajaran disampaikan dengan bahasa/istilah yang mudah dipahami.

Pilihan C sebenarnya adalah hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran sebaiknya disampaikan dengan bahasa dan istilah yang mudah dipahami oleh peserta didik. Hal ini membantu peserta didik untuk memahami dengan jelas apa yang diharapkan dari mereka dan mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

D. Tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru secara mandiri tanpa melibatkan guru lain pada fase yang sama.

Pilihan D perlu dihindari. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, idealnya guru tidak hanya bekerja secara mandiri, tetapi juga melibatkan guru lain dalam fase yang sama.

Kolaborasi antar guru memungkinkan adanya diskusi dan pertukaran ide yang dapat memperkaya pembentukan tujuan pembelajaran. Melibatkan guru lain juga dapat membantu memastikan bahwa tujuan pembelajaran yang dirumuskan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan konteks pembelajaran.

Dalam kesimpulannya, pilihan yang perlu dihindari dalam merumuskan tujuan pembelajaran adalah pilihan A (kemampuan prasyarat yang perlu dipelajari peserta didik) dan pilihan D (tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru secara mandiri tanpa melibatkan guru lain).

Sementara itu, pilihan B (penjabaran konsep, keterampilan, dan konten inti) dan pilihan C (tujuan pembelajaran disampaikan dengan bahasa/istilah yang mudah dipahami) adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dan sebaiknya dilakukan dalam merumuskan tujuan pembelajaran.

Comments