Bagaimana Penyusunan CP, TP, dan ATP dalam Pendidikan?

Bagaimana penyusunan CP, TP, dan ATP di Pendidikan?. Simak jawaban dan penjelasan berikut ini.

Dalam dunia pendidikan, ada tiga hal yang penting untuk disusun dengan baik agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan terarah.

Ketiga hal tersebut adalah Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Acuan Tujuan Pembelajaran (ATP).

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana penyusunan CP, TP, dan ATP ini dalam Pendidikan.

Berikut adalah Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Acuan Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam Pendidikan

1. Capaian Pembelajaran (CP)
Capaian Pembelajaran adalah kemampuan atau hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa setelah mengikuti suatu proses pembelajaran.

CP dirumuskan secara spesifik, jelas, dan terukur.

Dalam menyusun CP, penting untuk memperhatikan kompetensi yang ingin dicapai, baik itu pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), sikap (attitudes), atau kombinasi dari ketiganya.

Contohnya, jika kita ingin mengajarkan siswa tentang sejarah dunia, CP-nya bisa berbunyi, "Siswa dapat menjelaskan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah dunia dengan benar."

2. Tujuan Pembelajaran (TP)
Tujuan Pembelajaran adalah pernyataan yang menggambarkan kondisi yang ingin dicapai pada akhir proses pembelajaran.

TP membantu mengarahkan aktivitas pembelajaran dan memberikan gambaran tentang apa yang diharapkan siswa dapat capai.

TP harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan waktu-tertentu.

Dalam penyusunan TP, kita perlu merujuk pada CP yang telah ditetapkan sebelumnya.

Contoh TP untuk CP di atas bisa berbunyi, "Siswa akan mampu mengidentifikasi dan menjelaskan dengan benar peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah dunia dalam bentuk tulisan dalam waktu 1 minggu."

3. Acuan Tujuan Pembelajaran (ATP)
Acuan Tujuan Pembelajaran adalah panduan yang digunakan untuk mencapai TP dan memperjelas langkah-langkah yang harus diambil oleh siswa dan pendidik.

ATP berisi strategi pembelajaran, indikator pencapaian, dan alat penilaian yang akan digunakan untuk menilai capaian siswa.

Dalam penyusunan ATP, perlu mempertimbangkan metode pembelajaran yang cocok, alat evaluasi yang relevan, dan kriteria penilaian yang jelas.

Contohnya, ATP untuk TP di atas bisa mencakup kegiatan seperti membaca buku teks, mencari informasi dari sumber lain, membuat catatan penting, dan menulis esai sebagai bentuk penilaian.

Demikianlah jawaban dan penjelasan bagaimana penyusunan CP, TP, dan ATP dalam Pendidikan. Penyusunan CP, TP, dan ATP dalam pendidikan adalah proses yang saling terkait dan harus dilakukan secara sistematis.

Dengan menyusun ketiga elemen ini dengan baik, pendidik dapat memberikan arah yang jelas kepada siswa dan membuat proses pembelajaran lebih terstruktur.

Selain itu, hal ini juga membantu siswa untuk mengetahui apa yang harus mereka capai dan bagaimana mereka akan dinilai.

Komentar