Apakah yang Sering Dilakukan Tigor Saat Menyiram Tanaman? Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 30-31

Apakah yang sering dilakukan Tigor saat menyiram tanaman?

Jawaban:

Yang sering dilakukan Tigor saat menyiram tanaman adalah menyiram tanaman dengan semprotan air di tangannya, bermain air, dan bisa membuat hujan dengan memutar kepala semprotan ke kanan atau keluar seperti hujan gerimis dengan memutar ke kiri. Dia melakukannya secara sistematis agar tidak ada tanaman yang terlewat.

Penjelasan:

Dalam cerita tersebut, disebutkan bahwa Tigor suka menyiram tanaman karena dia senang bermain air. Dia menggunakan semprotan air di tangannya untuk menyiram tanaman. Selain itu, Tigor memiliki kemampuan khusus dengan semprotan air tersebut. Jika dia memutar kepala semprotan ke kanan, dia bisa menyemprotkan air lebih jauh, dan jika dia memutar kepala semprotan ke kiri, air keluar seperti hujan gerimis.

Tigor tampak sangat antusias dan bersemangat menyiram tanaman, bahkan sampai ingin melakukannya seharian penuh, terutama saat cuaca panas. Namun, Inangnya tidak mengizinkan karena menyiram tanaman secara berlebihan dianggap membuang-buang air dan tidak baik.

Meskipun Tigor ingin melanjutkan menyiram tanaman, dia belajar dari Kak Tiur bahwa tidak semua tanaman cocok untuk sering disiram. Ketika Tigor hampir menyiram tanaman sukulen milik Kak Tiur, Kak Tiur menjelaskan bahwa tanaman sukulen memiliki daun yang tebal untuk menyimpan air, dan jika sering disiram, tanaman tersebut bisa membusuk. Sebagai tanggapan, Tigor merasa heran dan mengemukakan lelucon tentang "suku tanaman" seperti suku Mawar, suku Mangga, suku Anggrek, dan suku Singkong.

Dalam cerita ini, Tigor terlihat memiliki rasa kepedulian terhadap tanaman, tetapi dia juga belajar untuk tidak menyiram tanaman sembarangan dan memperhatikan kebutuhan tanaman yang berbeda-beda.

Komentar