Apa Peran Hewan Dalam Perkembangbiakan Tumbuhan? Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 21


Apa peran hewan dalam perkembangbiakan tumbuhan?

Jawaban:

Peran hewan dalam perkembangbiakan tumbuhan, yaitu: hewan membantu tumbuhan berkembang biak dengan mengangkut serbuk sari dari bunga jantan ke bunga betina sehingga tumbuhan dapat menghasilkan biji dan buah yang diperlukan untuk berkembang biak.

Penjelasannya:

Hewan memiliki peran penting dalam membantu perkembangbiakan tumbuhan.

Mereka menjadi perantara yang membantu mengangkut serbuk sari dari bunga jantan ke bunga betina, proses ini disebut "penyerbukan".

Saat hewan, seperti lebah, kupu-kupu, atau burung, mengunjungi bunga untuk mencari makanan seperti nektar atau serbuk sari, serbuk sari akan menempel di tubuh hewan tersebut.

Ketika hewan ini berpindah dari bunga jantan ke bunga betina, serbuk sari akan jatuh ke bagian putik bunga betina.

Inilah yang disebut "pembuahan".

Serbuk sari inilah yang akan menggabungkan sel-sel reproduksi jantan dan betina dalam bunga, dan itulah cara tumbuhan membuat biji atau buah.

Nah, biji dan buah inilah yang penting untuk perkembangbiakan tumbuhan.

Ketika biji jatuh ke tanah dan mendapatkan kondisi yang tepat, mereka bisa tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Biji ini juga bisa dimakan oleh hewan, dan ketika biji itu keluar dari tubuh hewan melalui kotorannya, biji itu bisa tumbuh menjadi tumbuhan baru lagi.

Jadi, hewan membantu tumbuhan untuk berkembang biak dengan cara membantu penyerbukan dan pembuahan sehingga tumbuhan dapat menghasilkan biji dan buah yang diperlukan untuk memperbanyak diri.

Peran ini sangat penting dalam menjaga kesinambungan kehidupan tumbuhan di alam.

Comments