Apa itu Platform dalam Kurikulum Merdeka?


Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, pemerintah telah mengenalkan sebuah konsep baru yang dikenal sebagai Kurikulum Merdeka.

Salah satu komponen penting dari kurikulum ini adalah platform.

Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan platform dalam Kurikulum Merdeka?

Pada dasarnya, platform dalam Kurikulum Merdeka adalah suatu wadah atau sistem yang digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar.

Dalam platform ini, para siswa dapat mengakses berbagai jenis materi pelajaran, modul, tugas, dan sumber daya pendidikan lainnya.

Platform ini biasanya berbasis teknologi informasi, seperti aplikasi atau situs web, yang memungkinkan siswa dan guru berinteraksi secara daring.

Salah satu tujuan utama dari penggunaan platform dalam Kurikulum Merdeka adalah untuk memberikan akses pendidikan yang lebih luas dan merata bagi semua siswa di seluruh Indonesia.

Dengan adanya platform ini, siswa tidak terbatas oleh faktor geografis atau keterbatasan fisik dalam mengakses materi pelajaran.

Siswa dapat belajar kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan internet.

Selain itu, platform dalam Kurikulum Merdeka juga memberikan kebebasan bagi siswa untuk mempelajari sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar masing-masing.

Setiap siswa memiliki keunikan dan kebutuhan belajar yang berbeda.

Dalam platform ini, mereka dapat mengatur waktu belajar mereka sendiri dan mengakses materi pelajaran dalam berbagai format, seperti teks, video, atau audio. Hal ini memberikan fleksibilitas dan memungkinkan siswa menyesuaikan pembelajaran dengan gaya belajar mereka.

Platform dalam Kurikulum Merdeka juga menciptakan kesempatan kolaborasi dan interaksi antara siswa dan guru.

Meskipun belajar dilakukan secara daring, siswa tetap dapat berkomunikasi dengan guru melalui pesan atau forum diskusi dalam platform.

Mereka juga dapat berinteraksi dengan teman sekelas dalam bentuk diskusi kelompok atau proyek kolaboratif.

Hal ini memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif, berbagi pengetahuan, dan mengembangkan keterampilan sosial.

Dengan demikian, platform Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan menciptakan generasi yang kompeten dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Comments