Apa Hal Menarik yang Kalian Temukan Selama Melakukan Percobaan Ini? Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 45


Apa hal menarik yang kalian temukan selama melakukan percobaan ini?

Jawaban:

Hal menarik yang kami temukan selama melakukan percobaan ini adalah kami menemukan bahwa gas memiliki sifat untuk menyebar dengan cepat ke tempat yang tekanannya lebih rendah. Gas juga bisa mengisi ruang kosong di dalam wadah dengan mudah jika ada jalan keluar atau masuk yang memungkinkan, seperti lubang yang kami buat di botol.

Penjelasannya:

Selama melakukan percobaan ini, kami menemukan beberapa hal menarik terkait karakteristik benda berwujud gas, yakni:

1. Saat kami meletakkan balon di dalam botol dan mencoba untuk mengembangkannya dengan tiupan udara melalui mulut botol, balon tidak mengembang. Ini menunjukkan bahwa gas tidak dapat dengan mudah masuk atau keluar dari botol yang tertutup rapat.

2. Namun, ketika kami membuat lubang di dinding bawah botol, balon tiba-tiba mengembang ketika kami mencoba meniupnya lagi melalui mulut botol. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya lubang, gas bisa masuk ke dalam botol dan mengisi ruang di dalamnya, sehingga balon mengembang.

3. Selanjutnya, ketika kami meletakkan botol kosong di depan lubang yang sudah kami buat, kami melihat bahwa botol itu bergeser ketika kami meniup balon melalui lubang botol. Hal ini terjadi karena tekanan udara dari balon menyebabkan gas keluar melalui lubang dan mendorong botol kosong tersebut.

4. Ketika kami mencoba meniup botol melalui lubang kecil yang kami buat, kami melihat bahwa balon mengembang dengan cepat. Ini menunjukkan bahwa ketika ada jalan keluar yang lebih kecil untuk gas, tekanan udara meningkat dan mengisi balon dengan lebih cepat. 
Dari percobaan ini, kami dapat menyimpulkan bahwa gas memiliki karakteristik untuk menyebar dengan cepat ke tempat yang lebih rendah tekanannya dan bisa mengisi ruang kosong di dalam wadah dengan mudah jika ada jalan keluar atau masuk yang memungkinkan.

Hal ini memberikan pemahaman yang menarik tentang sifat-sifat gas dan bagaimana gas dapat berperilaku dalam berbagai situasi.

Comments