Ada Tarian yang Dilakukan untuk Tujuan Tertentu. Sebutkan Nama dan Tujuannya! Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 80

Ada tarian yang dilakukan untuk tujuan tertentu. Sebutkan nama dan tujuannya!

Jawaban:

Nama tarian yang dilakukan untuk tujuan tertentu adalah Tarian Seudati dari Desa Gigieng, Aceh.

Tujuan tarian Seudati bukan hanya sebagai pertunjukan hiburan, tetapi juga sebagai sarana dakwah untuk mengembangkan ajaran agama Islam.

Penjelasan:

Tarian Seudati dari Desa Gigieng, Aceh memiliki tujuan ganda yang mencakup aspek hiburan dan dakwah agama Islam.

1. Pertunjukan Hiburan
Sebagai pertunjukan hiburan, tarian Seudati ditampilkan untuk menghibur masyarakat dan memberikan kesenangan estetika melalui gerakan-gerakan yang indah dan harmonis.

Penampilan tarian ini menarik perhatian penonton dan memberikan suasana gembira pada acara-acara tertentu, seperti perayaan hari besar, acara tradisional, atau peristiwa keagamaan.

2. Sarana Dakwah Agama Islam
Selain menjadi hiburan, tarian Seudati juga memiliki peran penting sebagai sarana dakwah untuk mengembangkan ajaran agama Islam.

Melalui tarian ini, pesan-pesan agama dan nilai-nilai keislaman disampaikan secara simbolis dan estetis.

Gerakan-gerakan tarian dan lirik lagu yang menyertainya seringkali mencerminkan ajaran Islam, misalnya tentang ketakwaan kepada Allah, kehidupan Rasulullah, atau kebajikan-kebajikan dalam agama.

3. Penggambaran Syekh dan Para Pembantu
Dalam tarian Seudati, delapan pemuda berperan sebagai penari yang menggambarkan sosok seorang syekh (guru agama) beserta para pembantunya.

Penggambaran ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap tokoh agama dan perwakilan ajaran Islam.

Dengan tampil sebagai syekh dan pembantu, para penari mencoba menyampaikan pesan-pesan agama dengan cara yang bersahaja dan mudah dimengerti oleh masyarakat.

Komentar