RPP Informatika Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 Terbaru 2024

Berikut adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Informatika) kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka Belajar semester 1 (Ganjil).

Mata Pelajaran: Informatika
Kelas: 8 SMP
Semester: 1 (Ganjil)
Kurikulum: Kurikulum Merdeka Belajar

Bab 1: Informatika dan Pembelajarannya
A. Informatika dan Proil Pelajar Pancasila

Tujuan Pembelajaran:
a. Memahami pengertian informatika.
b. Mengetahui peran informatika dalam kehidupan sehari-hari.
c. Memahami nilai-nilai Pancasila dalam penggunaan teknologi informatika.

Materi Pembelajaran:
a. Pengertian informatika.
b. Peran informatika dalam kehidupan sehari-hari.
c. Nilai-nilai Pancasila dalam penggunaan teknologi informatika.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan pentingnya mempelajari informatika dan nilai-nilai Pancasila.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai pengertian informatika dan peranannya dalam kehidupan.
Memberikan penjelasan mengenai pengertian informatika dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Membahas nilai-nilai Pancasila yang perlu diterapkan dalam penggunaan teknologi informatika.
c. Diskusi Kelompok (20 menit)

Membentuk kelompok diskusi.
Menyuruh setiap kelompok membahas penerapan nilai-nilai Pancasila dalam penggunaan teknologi informatika.
Meminta setiap kelompok menyajikan hasil diskusi mereka.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai pentingnya penggunaan teknologi informatika yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
B. Cara Belajar Informatika

Tujuan Pembelajaran:
a. Menjelaskan langkah-langkah dalam belajar informatika.
b. Mengembangkan strategi belajar yang efektif dalam pembelajaran informatika.

Materi Pembelajaran:
a. Langkah-langkah dalam belajar informatika.
b. Strategi belajar yang efektif dalam pembelajaran informatika.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan pentingnya memiliki cara belajar yang efektif dalam mempelajari informatika.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai langkah-langkah dalam belajar informatika.
Memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah dalam belajar informatika.
Membahas strategi belajar yang efektif dalam pembelajaran informatika.
c. Diskusi Kelompok (20 menit)

Membentuk kelompok diskusi.
Menyuruh setiap kelompok membahas strategi belajar yang mereka anggap efektif dalam mempelajari informatika.
Meminta setiap kelompok menyajikan hasil diskusi mereka.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai langkah-langkah dalam belajar informatika dan strategi belajar yang efektif.

Bab 2: Berpikir Komputasional
A. Fungsi

Tujuan Pembelajaran:
a. Memahami pengertian dan karakteristik fungsi.
b. Mampu mengidentifikasi dan membuat fungsi sederhana dalam pemrograman.

Materi Pembelajaran:
a. Pengertian dan karakteristik fungsi.
b. Identifikasi dan pembuatan fungsi sederhana dalam pemrograman.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan pengertian fungsi dalam matematika dan pemrograman.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai pengertian dan karakteristik fungsi.
Memberikan penjelasan mengenai pengertian dan karakteristik fungsi.
Membahas langkah-langkah dalam mengidentifikasi dan membuat fungsi sederhana dalam pemrograman.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan contoh-contoh soal yang melibatkan fungsi.
Meminta siswa untuk mengidentifikasi dan membuat fungsi sederhana dalam pemrograman.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai pengertian dan pembuatan fungsi dalam pemrograman.
B. Himpunan dan Sistem Bilangan

Tujuan Pembelajaran:
a. Memahami pengertian dan karakteristik himpunan.
b. Memahami pengertian dan konversi sistem bilangan.

Materi Pembelajaran:
a. Pengertian dan karakteristik himpunan.
b. Pengertian dan konversi sistem bilangan.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan pengertian himpunan dalam matematika dan sistem bilangan dalam pemrograman.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai pengertian dan karakteristik himpunan.
Memberikan penjelasan mengenai pengertian dan karakteristik himpunan.
Membahas pengertian dan konversi sistem bilangan.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan contoh-contoh soal yang melibatkan himpunan dan sistem bilangan.
Meminta siswa untuk menerapkan pengertian dan konversi sistem bilangan pada soal-soal yang diberikan.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai pengertian himpunan dan konversi sistem bilangan.
C. Algoritma

Tujuan Pembelajaran:
a. Memahami pengertian dan karakteristik algoritma.
b. Mampu merancang algoritma sederhana untuk memecahkan masalah.

Materi Pembelajaran:
a. Pengertian dan karakteristik algoritma.
b. Langkah-langkah merancang algoritma sederhana.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan pengertian algoritma dengan langkah-langkah dalam pemrograman.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai pengertian dan karakteristik algoritma.
Memberikan penjelasan mengenai pengertian dan karakteristik algoritma.
Membahas langkah-langkah merancang algoritma sederhana.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan contoh-contoh masalah yang memerlukan rancangan algoritma.
Meminta siswa untuk merancang algoritma sederhana untuk memecahkan masalah tersebut.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai pengertian dan merancang algoritma sederhana.
D. Struktur Data

Tujuan Pembelajaran:
a. Memahami pengertian dan jenis-jenis struktur data.
b. Mampu menggunakan struktur data sederhana dalam pemrograman.

Materi Pembelajaran:
a. Pengertian dan jenis-jenis struktur data.
b. Penggunaan struktur data sederhana dalam pemrograman.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan pengertian struktur data dengan penyimpanan dan pengolahan data dalam pemrograman.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai pengertian dan jenis-jenis struktur data.
Memberikan penjelasan mengenai pengertian dan jenis-jenis struktur data.
Membahas penggunaan struktur data sederhana dalam pemrograman.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan contoh-contoh kasus yang memerlukan penggunaan struktur data sederhana.
Meminta siswa untuk menggunakan struktur data sederhana dalam menyelesaikan kasus-kasus tersebut.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai pengertian struktur data dan penggunaannya dalam pemrograman.

Bab 3: Teknologi Informasi dan Komunikasi
A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi

Tujuan Pembelajaran:
a. Memahami pengertian perangkat lunak aplikasi dan fitur-fitur yang ada.
b. Mampu menggunakan perangkat lunak aplikasi dan fitur-fitur yang relevan.

Materi Pembelajaran:
a. Pengertian perangkat lunak aplikasi.
b. Fitur-fitur umum dalam perangkat lunak aplikasi.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan penggunaan perangkat lunak aplikasi dengan kegiatan sehari-hari.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai pengertian perangkat lunak aplikasi dan fitur-fiturnya.
Memberikan penjelasan mengenai pengertian perangkat lunak aplikasi dan fitur-fitur umum yang ada.
Membahas contoh penggunaan perangkat lunak aplikasi dan fitur-fiturnya dalam kehidupan sehari-hari.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan contoh-contoh perangkat lunak aplikasi dengan fitur-fiturnya.
Meminta siswa untuk menggunakan perangkat lunak aplikasi dan fitur-fiturnya dalam melakukan tugas-tugas tertentu.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai pengertian perangkat lunak aplikasi dan fitur-fiturnya.
B. Pembuatan Laporan

Tujuan Pembelajaran:
a. Menjelaskan tujuan dan langkah-langkah dalam pembuatan laporan.
b. Mampu membuat laporan dengan struktur yang sesuai.

Materi Pembelajaran:
a. Tujuan dan langkah-langkah dalam pembuatan laporan.
b. Struktur laporan yang sesuai.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan pembuatan laporan dengan kegiatan yang memerlukan dokumentasi.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai tujuan dan langkah-langkah dalam pembuatan laporan.
Memberikan penjelasan mengenai tujuan dan langkah-langkah dalam pembuatan laporan.
Membahas struktur laporan yang sesuai untuk berbagai jenis tugas.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan tugas untuk membuat laporan mengenai topik tertentu.
Meminta siswa untuk mengikuti langkah-langkah dalam pembuatan laporan.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai tujuan dan langkah-langkah dalam pembuatan laporan.
C. Merangkum Narasi dari Konten Digital

Tujuan Pembelajaran:
a. Memahami pengertian dan tujuan merangkum narasi dari konten digital.
b. Mampu merangkum narasi dari konten digital secara efektif.

Materi Pembelajaran:
a. Pengertian dan tujuan merangkum narasi dari konten digital.
b. Teknik-teknik merangkum narasi dari konten digital.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan merangkum narasi dari konten digital dengan kemampuan memahami dan menyampaikan informasi.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai pengertian dan tujuan merangkum narasi dari konten digital.
Memberikan penjelasan mengenai pengertian dan tujuan merangkum narasi dari konten digital.
Membahas teknik-teknik merangkum narasi dari konten digital.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan konten digital berupa teks, video, atau audio.
Meminta siswa untuk merangkum narasi dari konten tersebut menggunakan teknik-teknik yang telah dipelajari.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai pengertian dan teknik merangkum narasi dari konten digital.
D. Laboratorium Maya

Tujuan Pembelajaran:
a. Memahami pengertian laboratorium maya dan kegunaannya.
b. Mampu menggunakan laboratorium maya dalam pembelajaran informatika.

Materi Pembelajaran:
a. Pengertian laboratorium maya dan kegunaannya.
b. Penggunaan laboratorium maya dalam pembelajaran informatika.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan penggunaan laboratorium maya dengan kegiatan eksperimen dan simulasi dalam pembelajaran informatika.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai pengertian laboratorium maya dan kegunaannya.
Memberikan penjelasan mengenai pengertian laboratorium maya dan kegunaannya.
Membahas penggunaan laboratorium maya dalam pembelajaran informatika.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan tugas-tugas praktikum yang melibatkan penggunaan laboratorium maya.
Meminta siswa untuk menggunakan laboratorium maya dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai pengertian laboratorium maya dan penggunaannya dalam pembelajaran informatika.

Bab 4: Sistem Komputer
A. Komponen Sistem Komputer

Tujuan Pembelajaran:
a. Menjelaskan komponen-komponen utama dalam sistem komputer.
b. Mampu mengidentifikasi dan memahami fungsi-fungsi komponen sistem komputer.

Materi Pembelajaran:
a. Komponen utama dalam sistem komputer.
b. Fungsi-fungsi komponen sistem komputer.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan komponen sistem komputer dengan fungsi-fungsi utama dalam pemrosesan informasi.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai komponen utama dalam sistem komputer.
Memberikan penjelasan mengenai komponen utama dalam sistem komputer dan fungsi-fungsinya.
Membahas contoh-contoh penggunaan komponen sistem komputer dalam kehidupan sehari-hari.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan tugas-tugas praktikum yang melibatkan penggunaan komponen sistem komputer.
Meminta siswa untuk mengidentifikasi dan memahami fungsi-fungsi komponen sistem komputer pada berbagai perangkat.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai komponen sistem komputer dan fungsi-fungsinya.
B. Pengalamatan Memori

Tujuan Pembelajaran:
a. Memahami konsep pengalamatan memori pada sistem komputer.
b. Mampu mengidentifikasi dan memahami pengalamatan memori dalam pemrograman.

Materi Pembelajaran:
a. Konsep pengalamatan memori.
b. Pengalamatan memori dalam pemrograman.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan pengalamatan memori dengan penyimpanan dan pengolahan data dalam pemrograman.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai konsep pengalamatan memori.
Memberikan penjelasan mengenai konsep pengalamatan memori dan pengalamatan memori dalam pemrograman.
Membahas contoh-contoh penggunaan pengalamatan memori dalam pemrograman.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan tugas-tugas praktikum yang melibatkan penggunaan pengalamatan memori dalam pemrograman.
Meminta siswa untuk mengimplementasikan pengalamatan memori dalam pemrograman sederhana.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai konsep pengalamatan memori dan pengalamatan memori dalam pemrograman.
C. Central Processing Unit

Tujuan Pembelajaran:
a. Menjelaskan pengertian dan fungsi-fungsi Central Processing Unit (CPU).
b. Mampu memahami proses kerja CPU dalam pemrosesan data.

Materi Pembelajaran:
a. Pengertian dan fungsi-fungsi CPU.
b. Proses kerja CPU dalam pemrosesan data.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan penggunaan CPU dalam komputer dengan proses pemrosesan data.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai pengertian dan fungsi-fungsi CPU.
Memberikan penjelasan mengenai pengertian dan fungsi-fungsi CPU.
Membahas proses kerja CPU dalam pemrosesan data.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan tugas-tugas praktikum yang melibatkan pemahaman tentang pengertian, fungsi-fungsi, dan proses kerja CPU.
Meminta siswa untuk mengidentifikasi dan memahami penggunaan CPU dalam berbagai aktivitas komputasi.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai pengertian, fungsi-fungsi, dan proses kerja CPU.

Bab 5: Jaringan Komputer dan Internet
A. Jaringan Komputer

Tujuan Pembelajaran:
a. Memahami pengertian jaringan komputer dan kegunaannya.
b. Mampu mengidentifikasi jenis-jenis jaringan komputer.

Materi Pembelajaran:
a. Pengertian jaringan komputer.
b. Jenis-jenis jaringan komputer.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan penggunaan jaringan komputer dengan kemampuan berbagi informasi dan sumber daya.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai pengertian jaringan komputer dan jenis-jenisnya.
Memberikan penjelasan mengenai pengertian jaringan komputer dan jenis-jenisnya.
Membahas contoh-contoh penggunaan jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan tugas-tugas praktikum yang melibatkan penggunaan jaringan komputer.
Meminta siswa untuk mengidentifikasi jenis-jenis jaringan komputer dalam situasi tertentu.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai pengertian jaringan komputer dan jenis-jenisnya.
B. Komunikasi Data pada Ponsel

Tujuan Pembelajaran:
a. Memahami prinsip-prinsip dasar komunikasi data pada ponsel.
b. Mampu mengidentifikasi jenis-jenis komunikasi data pada ponsel.

Materi Pembelajaran:
a. Prinsip dasar komunikasi data pada ponsel.
b. Jenis-jenis komunikasi data pada ponsel.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan komunikasi data pada ponsel dengan kemampuan akses internet dan pertukaran informasi.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai prinsip dasar komunikasi data pada ponsel dan jenis-jenisnya.
Memberikan penjelasan mengenai prinsip dasar komunikasi data pada ponsel dan jenis-jenisnya.
Membahas contoh-contoh penggunaan komunikasi data pada ponsel dalam kehidupan sehari-hari.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan tugas-tugas praktikum yang melibatkan penggunaan komunikasi data pada ponsel.
Meminta siswa untuk mengidentifikasi jenis-jenis komunikasi data pada ponsel dalam situasi tertentu.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai prinsip dasar komunikasi data pada ponsel dan jenis-jenisnya.
C. Terhubung ke Internet dengan Aman

Tujuan Pembelajaran:
a. Menjelaskan pentingnya keamanan saat terhubung ke internet.
b. Mampu mengidentifikasi langkah-langkah untuk terhubung ke internet dengan aman.

Materi Pembelajaran:
a. Pentingnya keamanan saat terhubung ke internet.
b. Langkah-langkah untuk terhubung ke internet dengan aman.

Langkah Pembelajaran:
a. Pendahuluan (10 menit)

Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengaitkan keamanan saat terhubung ke internet dengan perlindungan informasi dan privasi.
b. Penjelajahan Materi (30 menit)

Mengajukan pertanyaan mengenai pentingnya keamanan saat terhubung ke internet.
Memberikan penjelasan mengenai pentingnya keamanan saat terhubung ke internet dan langkah-langkah untuk terhubung dengan aman.
Membahas contoh-contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan saat terhubung ke internet.
c. Praktikum (30 menit)

Memberikan tugas-tugas praktikum yang melibatkan langkah-langkah keamanan saat terhubung ke internet.
Meminta siswa untuk mempraktikkan langkah-langkah tersebut dalam situasi simulasi.
Memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa selama praktikum.
d. Penutup (10 menit)

Meringkas pembelajaran.
Memberikan kesimpulan mengenai pentingnya keamanan saat terhubung ke internet dan langkah-langkah untuk terhubung dengan aman.