RPP Informatika Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka Semester 1 Terbaru 2024

Berikut adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Informatika kelas X SMA Kurikulum Merdeka Belajar semester 1 (Ganjil).

Mata Pelajaran: Informatika
Kelas: 10 SMA
Semester: 1 (Ganjil)
Kurikulum: Kurikulum Merdeka Belajar

Bab 1: Informatika dan Keterampilan Generik
A. Tentang Informatika di Sekolah Menengah Atas

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami pengertian dan ruang lingkup informatika di Sekolah Menengah Atas.
Siswa mengetahui manfaat dan peran informatika dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Materi Pembelajaran:

Pengertian Informatika di Sekolah Menengah Atas
Manfaat dan Peran Informatika dalam Kehidupan Sehari-hari
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang pengertian informatika.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang informatika di Sekolah Menengah Atas.
Menggambarkan manfaat dan peran informatika dalam kehidupan sehari-hari.
Mendiskusikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Kegiatan Kelompok (15 menit)

Membentuk kelompok diskusi.
Menugaskan kelompok untuk membahas contoh penerapan informatika di sekolah atau lingkungan sekitar.
Meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas berdasarkan presentasi kelompok.
Mengajukan pertanyaan dan mendengarkan tanggapan siswa.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang pentingnya informatika di Sekolah Menengah Atas.
B. Keterampilan Generik

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami konsep dan pentingnya keterampilan generik dalam dunia kerja.
Siswa mengembangkan keterampilan generik seperti komunikasi, kerjasama, dan pemecahan masalah.
Materi Pembelajaran:

Pengertian Keterampilan Generik
Jenis-jenis Keterampilan Generik
Pengembangan Keterampilan Generik
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang pengertian keterampilan generik.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang keterampilan generik dan pentingnya dalam dunia kerja.
Mengidentifikasi jenis-jenis keterampilan generik seperti komunikasi, kerjasama, dan pemecahan masalah.
Menjelaskan bagaimana mengembangkan keterampilan generik tersebut.
Kegiatan Individu (15 menit)

Menugaskan siswa untuk membuat rencana pengembangan keterampilan generik pribadi.
Meminta siswa untuk menuliskan langkah-langkah yang akan diambil.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas berdasarkan rencana pengembangan keterampilan generik pribadi.
Membahas kesulitan yang mungkin dihadapi dan strategi yang dapat digunakan.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang pentingnya mengembangkan keterampilan generik.

Bab 2: Berpikir Komputasional
A. Pencarian (Searching)

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami konsep dan tujuan pencarian dalam berpikir komputasional.
Siswa mampu menerapkan algoritma pencarian sederhana.
Materi Pembelajaran:

Konsep Pencarian dalam Berpikir Komputasional
Algoritma Pencarian Sederhana
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang konsep berpikir komputasional.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang konsep pencarian dalam berpikir komputasional.
Membahas algoritma pencarian sederhana seperti pencarian linear dan pencarian biner.
Memberikan contoh penggunaan algoritma pencarian dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Kelompok (15 menit)

Membentuk kelompok kecil.
Menugaskan kelompok untuk mencari contoh penerapan algoritma pencarian dalam situasi tertentu.
Meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil temuan.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas berdasarkan presentasi kelompok.
Membahas kelebihan, kekurangan, dan perbedaan antara algoritma pencarian yang telah dipresentasikan.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang penggunaan algoritma pencarian dalam berpikir komputasional.
B. Pengurutan (Sorting)

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami konsep dan tujuan pengurutan dalam berpikir komputasional.
Siswa mampu menerapkan algoritma pengurutan sederhana.
Materi Pembelajaran:

Konsep Pengurutan dalam Berpikir Komputasional
Algoritma Pengurutan Sederhana
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang konsep berpikir komputasional.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang konsep pengurutan dalam berpikir komputasional.
Membahas algoritma pengurutan sederhana seperti pengurutan gelembung dan pengurutan penyisipan.
Memberikan contoh penggunaan algoritma pengurutan dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Individu (15 menit)

Menugaskan siswa untuk mengimplementasikan salah satu algoritma pengurutan sederhana menggunakan bahasa pemrograman yang telah dipelajari.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas untuk membahas implementasi algoritma pengurutan yang telah dibuat.
Membahas kompleksitas waktu dan ruang dari algoritma pengurutan yang digunakan.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang penggunaan algoritma pengurutan dalam berpikir komputasional.
C. Tumpukan (Stack) dan Antrean (Queue)

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami konsep dan kegunaan tumpukan (stack) dalam pemrograman.
Siswa memahami konsep dan kegunaan antrean (queue) dalam pemrograman.
Materi Pembelajaran:

Konsep Tumpukan (Stack) dalam Pemrograman
Konsep Antrean (Queue) dalam Pemrograman
Perbandingan dan Contoh Penggunaan Tumpukan dan Antrean
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang konsep berpikir komputasional.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang konsep tumpukan (stack) dalam pemrograman.
Memberikan penjelasan tentang konsep antrean (queue) dalam pemrograman.
Memberikan contoh penggunaan tumpukan dan antrean dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Kelompok (15 menit)

Membentuk kelompok kecil.
Menugaskan kelompok untuk mencari contoh penerapan tumpukan dan antrean dalam situasi tertentu.
Meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil temuan.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas berdasarkan presentasi kelompok.
Membahas perbandingan antara tumpukan dan antrean serta contoh penggunaannya.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang penggunaan tumpukan dan antrean dalam berpikir komputasional.

Bab 3: Teknologi Informasi dan Komunikasi
A. Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami konsep integrasi konten dalam aplikasi perkantoran.
Siswa mampu mengintegrasikan konten antara aplikasi perkantoran.
Materi Pembelajaran:

Konsep Integrasi Konten dalam Aplikasi Perkantoran
Teknik Integrasi Konten dalam Aplikasi Perkantoran
Manfaat dan Contoh Penggunaan Integrasi Konten
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang penggunaan aplikasi perkantoran.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang konsep integrasi konten dalam aplikasi perkantoran.
Membahas teknik integrasi konten seperti penggabungan data, tautan objek, dan penyisipan objek.
Memberikan contoh penggunaan integrasi konten dalam aplikasi perkantoran.
Kegiatan Individu (15 menit)

Menugaskan siswa untuk membuat presentasi dengan mengintegrasikan konten dari beberapa aplikasi perkantoran.
Meminta siswa untuk menjelaskan langkah-langkah yang diambil dalam proses integrasi konten.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas untuk mempresentasikan hasil integrasi konten yang telah dibuat.
Membahas kelebihan dan kekurangan integrasi konten yang digunakan.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang pentingnya integrasi konten dalam aplikasi perkantoran.
B. Fitur Lanjut Aplikasi Perkantoran

Tujuan Pembelajaran:

Siswa mengenal fitur-fitur lanjut dalam aplikasi perkantoran.
Siswa mampu menggunakan fitur-fitur lanjut tersebut untuk meningkatkan produktivitas.
Materi Pembelajaran:

Fitur-fitur Lanjut dalam Aplikasi Pengolah Kata
Fitur-fitur Lanjut dalam Aplikasi Spreadsheet
Fitur-fitur Lanjut dalam Aplikasi Presentasi
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang penggunaan aplikasi perkantoran.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang fitur-fitur lanjut dalam aplikasi pengolah kata, seperti mail merge, pembuatan daftar isi, dan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa.
Membahas fitur-fitur lanjut dalam aplikasi spreadsheet, seperti rumus kompleks, filter data, dan pembuatan grafik.
Membahas fitur-fitur lanjut dalam aplikasi presentasi, seperti transisi slide, animasi objek, dan pengaturan waktu tayang.
Kegiatan Individu (15 menit)

Menugaskan siswa untuk membuat dokumen, spreadsheet, atau presentasi dengan menggunakan fitur-fitur lanjut yang telah dipelajari.
Meminta siswa untuk menjelaskan penggunaan fitur-fitur tersebut dalam hasil karya mereka.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas untuk mempresentasikan hasil karya dengan fitur-fitur lanjut.
Membahas kelebihan dan kekurangan penggunaan fitur-fitur lanjut dalam aplikasi perkantoran.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang pentingnya memanfaatkan fitur-fitur lanjut dalam aplikasi perkantoran.

Bab 4: Sistem Komputer
A. Komputer dan Komponen Penyusunnya

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami konsep dasar tentang komputer.
Siswa mampu mengidentifikasi komponen-komponen penyusun komputer.
Materi Pembelajaran:

Pengertian dan Fungsi Komputer
Komponen-komponen Penyusun Komputer
Perkembangan Teknologi Komputer
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang pengertian dan fungsi komputer.
Membahas komponen-komponen penyusun komputer seperti CPU, RAM, hard disk, dan perangkat input/output.
Membahas perkembangan teknologi komputer dari masa ke masa.
Kegiatan Kelompok (15 menit)

Membentuk kelompok kecil.
Menugaskan kelompok untuk membuat presentasi tentang salah satu komponen penyusun komputer.
Meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil karya mereka.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas berdasarkan presentasi kelompok.
Membahas peran dan interaksi antara komponen-komponen penyusun komputer.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang pentingnya memahami komponen-komponen penyusun komputer.
B. Interaksi Manusia dan Komputer

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami konsep interaksi manusia dan komputer.
Siswa mampu menerapkan prinsip-prinsip desain antarmuka pengguna.
Materi Pembelajaran:

Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Prinsip-prinsip Desain Antarmuka Pengguna
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang penggunaan komputer dan interaksi manusia dalam penggunaan komputer.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang konsep interaksi manusia dan komputer.
Membahas prinsip-prinsip desain antarmuka pengguna seperti keterbacaan, konsistensi, dan kesederhanaan.
Memberikan contoh antarmuka pengguna yang baik dan buruk.
Kegiatan Individu (15 menit)

Menugaskan siswa untuk menganalisis sebuah antarmuka pengguna dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya berdasarkan prinsip-prinsip desain antarmuka pengguna.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas untuk membahas hasil analisis antarmuka pengguna yang telah dilakukan.
Membahas kesimpulan tentang pentingnya prinsip-prinsip desain antarmuka pengguna dalam interaksi manusia dan komputer.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang pentingnya memperhatikan prinsip-prinsip desain antarmuka pengguna dalam pengembangan sistem komputer.
C. Kolaborasi dalam Sistem Komputer

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami konsep kolaborasi dalam sistem komputer.
Siswa mampu menggunakan aplikasi kolaboratif untuk bekerja secara bersama-sama.
Materi Pembelajaran:

Konsep Kolaborasi dalam Sistem Komputer
Aplikasi Kolaboratif dalam Kolaborasi Tim
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang kebutuhan kolaborasi dalam penggunaan komputer.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang konsep kolaborasi dalam sistem komputer.
Membahas aplikasi kolaboratif seperti Google Docs, Microsoft Teams, atau Trello.
Memberikan contoh penggunaan aplikasi kolaboratif dalam kolaborasi tim.
Kegiatan Kelompok (15 menit)

Membentuk kelompok kecil.
Menugaskan kelompok untuk menggunakan salah satu aplikasi kolaboratif dalam sebuah proyek kolaboratif.
Meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil proyek kolaboratif mereka.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas berdasarkan presentasi kelompok.
Membahas manfaat dan tantangan dalam menggunakan aplikasi kolaboratif.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang pentingnya kolaborasi dalam sistem komputer dan penggunaan aplikasi kolaboratif.

Bab 5: Jaringan Komputer dan Internet
A. Jaringan Lokal dan Internet

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami konsep jaringan lokal dan internet.
Siswa mampu menjelaskan cara kerja jaringan lokal dan internet.
Materi Pembelajaran:

Pengertian Jaringan Lokal dan Internet
Topologi Jaringan Lokal
Infrastruktur dan Protokol Internet
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang penggunaan jaringan dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang pengertian jaringan lokal dan internet.
Membahas topologi jaringan lokal seperti star, bus, dan ring.
Membahas infrastruktur dan protokol internet seperti ISP, TCP/IP, dan DNS.
Kegiatan Kelompok (15 menit)

Membentuk kelompok kecil.
Menugaskan kelompok untuk membuat diagram topologi jaringan lokal.
Meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil karya mereka.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas berdasarkan presentasi kelompok.
Membahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing topologi jaringan lokal.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang pentingnya pemahaman tentang jaringan lokal dan internet.
B. Komunikasi Data dengan Ponsel

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami konsep komunikasi data dengan ponsel.
Siswa mampu menggunakan fitur-fitur komunikasi data pada ponsel.
Materi Pembelajaran:

Konsep Komunikasi Data dengan Ponsel
Teknologi Komunikasi Data pada Ponsel
Aplikasi dan Layanan Komunikasi Data pada Ponsel
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang penggunaan ponsel dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang konsep komunikasi data dengan ponsel.
Membahas teknologi komunikasi data pada ponsel seperti 3G, 4G, atau 5G.
Membahas aplikasi dan layanan komunikasi data pada ponsel seperti pesan teks, panggilan video, atau media sosial.
Kegiatan Individu (15 menit)

Menugaskan siswa untuk menjelaskan penggunaan fitur-fitur komunikasi data pada ponsel yang mereka miliki.
Meminta siswa untuk berbagi pengalaman menggunakan aplikasi dan layanan komunikasi data pada ponsel.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas berdasarkan pengalaman siswa dalam menggunakan fitur-fitur komunikasi data pada ponsel.
Membahas manfaat dan dampak penggunaan komunikasi data pada ponsel.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang pentingnya pemahaman tentang komunikasi data dengan ponsel dan penggunaan fitur-fitur komunikasi data.
C. Proteksi Data Saat Berinternet

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami konsep proteksi data saat berinternet.
Siswa mampu menerapkan langkah-langkah proteksi data saat berinternet.
Materi Pembelajaran:

Ancaman terhadap Keamanan Data saat Berinternet
Langkah-langkah Proteksi Data saat Berinternet
Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (5 menit)

Mengingatkan siswa tentang pentingnya keamanan data saat menggunakan internet.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Penjelasan Materi (30 menit)

Memberikan penjelasan tentang ancaman terhadap keamanan data saat berinternet seperti malware, phishing, atau serangan hacker.
Membahas langkah-langkah proteksi data saat berinternet seperti penggunaan password yang kuat, pembaruan perangkat lunak, dan kehati-hatian dalam berbagi informasi pribadi.
Kegiatan Individu (15 menit)

Menugaskan siswa untuk membuat daftar langkah-langkah proteksi data saat berinternet yang mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Meminta siswa untuk membagikan pengalaman mereka dalam melindungi data saat berinternet.
Diskusi Kelas (10 menit)

Mengadakan diskusi kelas berdasarkan pengalaman siswa dalam melindungi data saat berinternet.
Membahas pentingnya kesadaran akan keamanan data dan langkah-langkah proteksi yang efektif.
Penutup (5 menit)

Meringkas materi yang telah dipelajari.
Memberikan kesimpulan tentang pentingnya proteksi data saat berinternet dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk melindungi data pribadi.