Fenomena Perubahan Sosial di Pedesaan Menurut Pendapat Gilin & Gilin

Perkembangan zaman yang pesat telah membawa dampak besar pada kehidupan di pedesaan. Pedesaan, dengan kehidupan yang biasanya tenang dan tradisional, tidak luput dari pengaruh perubahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Dalam konteks ini, ada pendapat menarik yang dikemukakan oleh para pakar sosiologi terkemuka, yaitu Gilin & Gilin.

Mari kita jelajahi fenomena perubahan sosial di pedesaan berdasarkan pandangan mereka.

Menurut Gilin & Gilin, perubahan sosial di pedesaan dapat diamati melalui beberapa aspek utama. Pertama, perubahan dalam struktur sosial menjadi salah satu gejala yang paling mencolok.

Tradisi dan norma-norma yang sebelumnya kuat dalam masyarakat pedesaan mulai terkikis dengan cepat. Keluarga yang besar dan multigenerasi perlahan-lahan beralih menjadi keluarga inti yang lebih kecil.

Posisi perempuan juga mengalami pergeseran, di mana mereka semakin terlibat dalam kegiatan ekonomi dan publik, tidak hanya berperan di rumah tangga seperti yang biasanya terjadi.

Selain itu, perubahan ekonomi menjadi faktor penting lainnya dalam perubahan sosial di pedesaan. Masyarakat pedesaan yang sebelumnya bergantung pada pertanian dan peternakan sebagai mata pencaharian utama mulai bertransformasi.

Munculnya industri dan sektor jasa membawa peluang baru bagi penduduk pedesaan. Banyak orang mulai beralih ke pekerjaan di sektor non-pertanian, seperti industri pengolahan, perdagangan, atau pariwisata.

Hal ini mempengaruhi pola hidup, nilai-nilai, dan hubungan sosial di masyarakat pedesaan.

Selain itu, perkembangan teknologi juga berperan dalam perubahan sosial di pedesaan. Akses yang lebih mudah terhadap teknologi informasi dan komunikasi, seperti internet dan telepon genggam, telah mengubah cara masyarakat pedesaan berinteraksi dan mendapatkan informasi.

Mereka menjadi lebih terhubung dengan dunia luar dan memiliki akses ke pengetahuan dan peluang yang lebih luas. Misalnya, petani dapat memperoleh informasi tentang teknik pertanian modern, pasar yang sedang naik daun, atau program pemerintah yang mendukung sektor pertanian.

Namun, Gilin & Gilin juga mengingatkan bahwa perubahan sosial di pedesaan tidak selalu berjalan tanpa hambatan. Kendala infrastruktur, seperti akses terhadap layanan kesehatan dan pendidikan yang terbatas, sering kali menjadi tantangan di pedesaan.

Ketimpangan ekonomi juga dapat memperburuk perubahan sosial, di mana sebagian penduduk pedesaan dapat terpinggirkan dan mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Demikianlah penjelasan fenomena perubahan sosial di pedesaan menurut pendapat Gilin & Gilin. Fenomena perubahan sosial di pedesaan adalah realitas yang tidak dapat dihindari.

Perubahan dalam struktur sosial, ekonomi, dan teknologi berdampak pada kehidupan sehari-hari masyarakat pedesaan. Meskipun tantangan masih ada, penting bagi kita untuk memahami perubahan ini dengan baik dan bekerja sama untuk memastikan bahwa perubahan sosial di pedesaan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat setempat.

Dengan demikian, pedesaan dapat terus berkembang secara berkelanjutan dan harmonis dalam menghadapi perkembangan zaman.

Komentar