Kunci Jawaban IPS Tema 01 Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu Kelas 10 SMA

Berikut adalah soal pilihan ganda mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas 10 SMA materi Tema 01 Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu halaman 64 - 67 lengkap dengan kunci jawabannya:

1. Karya Herodotus yang diakui sebagai historiografi adalah
a. Sejarah Perang Dunia
b. Sejarah Masyarakat Viking
c. Sejarah Perang Persia
d. Sejarah Masyarakat Tunisia

2. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!

Sejarah Museum Nasional

Keberadaan museum nasional berawal sejak tanggal 24 April 1778, ketika pemerintah Hindia Belanda mendirikan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) yaitu lembaga independen yang memiliki tujuan memajukan penelitan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Inspirasi dari pendirian BG terjadi sejak tahun 1752 di Belanda ketika berkembang perkumpulan ilmiah Belanda. Lalu pendiri BG yaitu JCM Radermacher memberikan rumahnya yang beralamatkan di Jalan Kalibesar untuk menyimpan berbagai koleksi benda budaya dan buku sehingga dapat berkembang menjadi museum dan perpustakaan. Ketika masa pemerintahan Inggris pada tahun 1811-1816, Gubernur Sir Thomas Stamford menjabat sebagai direktur perkumpulan ilmiah dan memindahkan koleksi di gedung baru yang terletak di Jalan Majapahit. Selanjutnya pada tahun1862, pemerintah Hindia Belanda membangun gedung museum baru yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 untuk menyimpan barang-barang koleksi museum yang terus bertambah. Pada tahun 1868 museum sudah dibuka untuk masyarakat umum. Pada tahun 1871 Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand berkunjung ke museum ini dan memberikan hadiah patung gajah perunggu. Museum nasional juga disebut sebagai museum gajah dikarenakan patung gajah yang terdapat di depan gedung museum. Pada masa Indonesia merdeka, BG berubah menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia pada tahun 1950 yang bertujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan tentang Indonesia. Lalu pada tanggal 28 Mei 1979 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, museum ini ditetapkan sebagai Museum Nasional.

Artikel disarikan dari Profil Museum Nasional.
Sumber: museumnasional.or.id/tentang-kami/profil

Perhatikan linimasa di bawah ini, untuk menemukan jawaban yang tidak benar!
a. 1752
Berkembangnya Perkumpulan Ilmiah Belanda

b. 1778
Berdirinya Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG)

c. 1862
Kunjungan Raja Thailand
 
d. 1979
Penetapan sebagai museum Nasional

3. Yang bukan ciri khas dari historiografi tradisional adalah
a. Berpusat pada kehidupan istana
b. Berpusat pada sejarah daerah tertentu
c. Berpusat pada agama
d. Berpusat pada Eropa

4. Perhatikan gambar Prasasti Gajah Mada di bawah ini!
Prasasti tersebut merupakan sumber sejarah sebagai
a. Data primer
b. Data sekunder
c. Data tersier
d. Data pelengkap

5. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!

Seorang siswa hendak melakukan penelitian sejarah mengenai daerahnya. Maka dia mengunjungi museum dan mempelajari arsip yang terkait dengan sejarah daerahnya. Selain itu dia juga melakukan wawancara dengan pelaku sejarah yang masih hidup untuk memperkuat sumber sejarah penelitiannya.

Tahapan penelitian sejarah yang dilakukan oleh siswa tersebut adalah
a. Heuristik
b. Kritik dan verifikasi
c. Interpretasi
d. Historiografi

Komentar