Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Mata


Buah ciplukan atau yang dikenal juga dengan nama Vaccinium myrtillus, bilberry, atau huckleberry, merupakan buah yang populer di Eropa dan Amerika Utara. Buah ini memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk untuk kesehatan mata.

Buah ciplukan mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, vitamin B6, folat, dan mineral seperti mangan, kalium, dan tembaga. Selain itu, buah ciplukan juga mengandung senyawa aktif seperti antosianin, flavonoid, dan asam ellagik.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah ciplukan dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan mengobati beberapa kondisi mata, seperti berikut:

a. Menjaga kesehatan retina
Retina adalah lapisan tipis jaringan di dalam mata yang berfungsi untuk menangkap cahaya dan mengirimkan sinyal ke otak. Kandungan antosianin dalam buah ciplukan diketahui dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke retina, sehingga menjaga kesehatan retina dan mencegah kerusakan pada jaringan tersebut.

b. Meningkatkan penglihatan di malam hari
Kandungan antosianin dalam buah ciplukan juga dapat membantu meningkatkan penglihatan di malam hari. Hal ini dikarenakan antosianin dapat meningkatkan sensitivitas sel-sel penglihatan dalam kondisi minim cahaya.

c. Mengurangi risiko katarak
Katarak adalah kondisi mata yang ditandai oleh kekeruhan pada lensa mata. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa flavonoid dalam buah ciplukan dapat membantu mengurangi risiko terjadinya katarak. Senyawa ini bekerja dengan cara mengurangi stres oksidatif pada sel-sel lensa mata.

d. Mengurangi risiko degenerasi makula
Degenerasi makula adalah kondisi mata yang disebabkan oleh kerusakan pada makula, yaitu daerah di dalam mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan pusat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antosianin dan flavonoid dalam buah ciplukan dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula.


Cara mengonsumsi buah ciplukan untuk kesehatan mata

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan mata dari buah ciplukan, anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus atau suplemen yang mengandung ekstrak buah ciplukan.

Selain itu, anda juga dapat memasukkan buah ciplukan ke dalam diet sehari-hari dengan cara memakan langsung atau mengombinasikannya dengan bahan-bahan lain seperti yoghurt atau oatmeal.

Comments