Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 Sejarah dalam Dimensi Ruang dan Waktu, Halaman 32


Berikut soal mata pelajaran Sejarah kelas X SMK materi Sejarah dalam Dimensi Ruang dan Waktu, halaman 32 lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:

1. Jelaskan perkembangan trem pada masa pemerintah Belanda hingga masa sekarang!

Jawab: Sistem trem di pada masa penjajahan Belanda dikelola oleh perusahaan swasta. Setelah kemerdekaan Indonesia, sistem trem dilanjutkan oleh pihak swasta yang berbeda dan akhirnya dihapuskan pada tahun 1970-an. Namun, pada awal 2010-an, pemerintah memutuskan untuk memperkenalkan kembali sistem trem, dan pada tahun 2015, jalur trem pertama dibuka di Surabaya. Saat ini, sistem trem di Surabaya telah diperluas dengan menggunakan trem modern yang dilengkapi dengan fasilitas seperti AC dan WiFi.

2. Bagaimanakah kesinambungan trem sebagai moda trans- portasi pada masa dahulu hingga sekarang?

Jawab: Trem telah menjadi moda transportasi sejak awal abad ke-20. Meskipun tren penggunaan trem menurun pada beberapa dekade, sistem trem modern telah dibangun atau diambil alih di beberapa kota besar untuk memperbaiki transportasi massal. Saat ini, tren menuju transportasi ramah lingkungan dapat meningkatkan peran dan popularitas trem di masa depan.

3. Adakah peristiwa pengulangan yang terkait dengan berhentinya trem sebagai salah satu moda transportasi umum apabila kalian hubungkan dengan kejadian pada masa kini terkait dengan nasib dari moda transportasi umum? Jelaskan sesuai dengan kondisi penggunaan moda transportasi umum di daerah kalian!

Jawab: Ada. Di masa lalu, penurunan popularitas trem disebabkan oleh meningkatnya penggunaan mobil pribadi dan transportasi umum lainnya yang lebih cepat dan fleksibel, sehingga banyak sistem trem dihentikan. Saat ini, banyak kota menghadapi masalah yang serupa dengan peningkatan penggunaan mobil pribadi dan masalah lingkungan, sehingga beberapa kota berinvestasi kembali dalam sistem transportasi massal yang ramah lingkungan seperti trem untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan polusi udara.

4. Jelaskan perubahan apa yang terjadi dari penggunaan trem di Surabaya pada masa itu?

Jawab: Penggunaan trem di Surabaya telah mengalami perubahan dari pengelolaan oleh perusahaan swasta pada masa penjajahan Belanda, kemudian menjadi tanggung jawab swasta lain setelah kemerdekaan Indonesia, dihapuskan pada 1970-an, dan kembali diperkenalkan oleh pemerintah kota Surabaya pada awal 2010-an sebagai moda transportasi alternatif yang ramah lingkungan dan murah dengan menggunakan trem modern dan fasilitas yang lebih baik.

5. Mengapa trem dapat menjadi simbol penjajahan bagi kaum pergerakan kemerdekaan pada masa itu?

Jawab: Karena pada masa itu, trem di Surabaya dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan Belanda, dan keuntungan dari sistem transportasi tersebut digunakan untuk membiayai kepentingan kolonial Belanda.

Oleh karena itu, kaum pergerakan kemerdekaan pada masa itu menentang pengelolaan trem oleh perusahaan Belanda dan memperjuangkan nasionalisasi atau pengambilalihan sistem transportasi tersebut oleh pemerintah Indonesia. Pada akhirnya, setelah Indonesia merdeka, sistem transportasi trem diambil alih oleh pihak swasta Indonesia.

Comments