Jawaban: Pada masa kanak-kanak kita senang melakukan hal baik dan takut ketika melakukan kesalahan. Motif perilaku demikian adalah...


Pada masa kanak-kanak kita senang melakukan hal baik dan takut ketika melakukan kesalahan. Motif perilaku demikian adalah...
A. Kecanduan nilai moral
B. Efek trauma dengan hukuman
C. Pola hadiah dan hukuman
D. Didorong kebersihan hati
E. Menjauhi perilaku berdosa

Jawaban: C. Pola hadiah dan hukuman

Saat masih kanak-kanak, kita masih dalam tahap belajar mengenai norma-norma dan aturan-aturan dalam kehidupan. Pada umumnya, kita akan melakukan perilaku yang dianggap baik atau sesuai dengan aturan, karena akan mendapatkan pujian atau hadiah dari orang tua atau orang dewasa di sekitar kita.

Sebaliknya, kita akan takut melakukan kesalahan atau perilaku yang dianggap tidak baik, karena akan mendapatkan hukuman atau teguran dari orang tua atau orang dewasa tersebut.

Oleh karena itu, pola hadiah dan hukuman menjadi motivasi bagi perilaku kita ketika masih kanak-kanak. Hal ini dapat membentuk karakter dan nilai moral yang baik di masa depan. Namun demikian, pola ini perlu disesuaikan dengan keadaan dan kondisi yang ada, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif pada perkembangan anak.

Comments