Jawaban: Jelaskan perbedaan cara belajar mempraktikkan sikap berbudi pekerti luhur anak-anak usia 6-12 tahun dengan orang yang lebih dewasa spiritualitasnya!

Jelaskan perbedaan cara belajar mempraktikkan sikap berbudi pekerti luhur anak-anak usia 6-12 tahun dengan orang yang lebih dewasa spiritualitasnya!

Jawaban:

Perbedaan cara belajar mempraktikkan sikap berbudi pekerti luhur anak-anak usia 6-12 tahun dengan orang yang lebih dewasa spiritualitasnya, yaitu:
  • Anak usia 6-12 tahun masih dalam tahap pengembangan kognitif dan emosional, sehingga kemampuan pemahaman mereka tentang nilai-nilai dan prinsip-prinsip etika dan moral masih terbatas. Sedangkan, orang yang lebih dewasa dalam hal spiritualitas memiliki kemampuan pemahaman dan refleksi yang lebih matang dan mendalam.
  • Anak usia 6-12 tahun masih membutuhkan bimbingan dan dukungan dalam mengikuti praktik keagamaan atau spiritualitas, sedangkan orang dewasa spiritualitasnya sudah lebih mandiri dan aktif dalam praktik keagamaan.
  • Anak usia 6-12 tahun lebih cocok dengan pembelajaran melalui permainan, dongeng, dan cerita yang menyenangkan dan menarik bagi mereka. Sedangkan, orang dewasa spiritualitasnya cenderung lebih terbuka untuk pembelajaran melalui meditasi, doa, atau refleksi.