Jawaban: Jelaskan dua bentuk aktivitas sosial tradisi budaya yang paling sesuai dengan sikap: Ikhlas berbagi, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul dan sejalan dengan sila Ke-3 dan Ke-5 Pancasila!

Jelaskan dua bentuk aktivitas sosial tradisi budaya yang paling sesuai dengan sikap: Ikhlas berbagi, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul dan sejalan dengan sila Ke-3 dan Ke-5 Pancasila!

Jawaban:

Bentuk aktivitas sosial tradisi budaya yang paling sesuai dengan sikap: Ikhlas berbagi, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul dan sejalan dengan sila Ke-3 dan Ke-5 Pancasila, yaitu:

1. Gotong Royong
Gotong royong merupakan salah satu aktivitas sosial tradisi budaya yang sangat sesuai dengan sikap "ikhlas berbagi, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul". Kegiatan gotong royong dilakukan oleh sekelompok orang untuk saling membantu satu sama lain dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan kebersamaan serta dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta mendorong keadilan sosial.

2. Bakti sosial
Bakti sosial bertujuan untuk membantu masyarakat atau orang yang membutuhkan dengan memberikan layanan atau dukungan dalam berbagai bentuk seperti kesehatan, pendidikan, atau bantuan sosial. Dalam kegiatan bakti sosial, sikap "ikhlas berbagi, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul" sangat dibutuhkan, karena pada dasarnya kegiatan ini dilakukan secara sukarela tanpa mengharapkan imbalan.

3. Membantu korban bencana alam
Bencana alam seringkali mengakibatkan banyak kerusakan dan menderita bagi masyarakat yang terkena dampaknya. Sebagai warga negara yang peduli, kita dapat membantu korban bencana alam dengan memberikan bantuan dalam bentuk apapun seperti makanan, pakaian, dan obat-obatan. Dalam membantu korban bencana alam, kita dapat menunjukkan sikap "ikhlas berbagi, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul" dan memperkuat persatuan serta kesatuan bangsa.

Komentar