Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban: Diharapkan setelah manusia mati dan jasadnya yang terdiri dari 4 unsur kosmik (air, tanah, api, udara) kembali ke alamnya masing-masing, sedangkan Roh/ Jiwanya...

Diharapkan setelah manusia mati dan jasadnya yang terdiri dari 4 unsur kosmik (air, tanah, api, udara) kembali ke alamnya masing-masing, sedangkan Roh/ Jiwanya...
A. Mengembara menuju satu tempat angker dan berbahaya, menjadi roh jahat.
B. Lepas, bebas bagaikan burung keluar dari sangkarnya dan hinggap di mana saja.
C. Menitis kembali memasuki kehidupan sebagai orang lain pada kehidupan berikutnya.
D. Menyatu dengan alam langgeng yang telah ada di tempatnya semula di ciptakan Tuhan.
E. Berkumpul bersama arwah leluhurnya bila semasa hidup selalu hanya menyembah leluhurnya.

Jawaban: C. Menitis kembali memasuki kehidupan sebagai orang lain pada kehidupan berikutnya.

Keyakinan ini dikenal sebagai reinkarnasi atau punca kembali dalam kepercayaan agama Hindu-Buddha, atau sebagai transmigrasi atau perpindahan roh dalam kepercayaan masyarakat Nusantara yang menganut animisme dan dinamisme.

Dalam kepercayaan tersebut, roh/jiwa manusia dianggap tidak mati, tetapi hanya berpindah ke kehidupan berikutnya setelah menjalani masa penentuan di alam baka atau tempat semacam purgatori.

Hal ini melambangkan keyakinan bahwa kehidupan manusia tidak berakhir pada saat kematian, tetapi berlanjut dalam bentuk yang lain.

Dalam kepercayaan ini, tujuan hidup manusia bukan hanya mencapai kebahagiaan di dunia, tetapi juga menyempurnakan diri dan meraih kesempurnaan rohani agar dapat mencapai kehidupan yang lebih baik di kehidupan berikutnya.