Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban: Bahwa: Kehidupan “roh” para leluhur terdahulu turut serta mengarahkan “roh- hidup” manusia generasi selanjutnya, menemukan jalan kebenaran kehendak Tuhan. Konsep demikian terdapat dalam ajaran agama atau kepercayaan...

Bahwa: Kehidupan “roh” para leluhur terdahulu turut serta mengarahkan “roh- hidup” manusia generasi selanjutnya, menemukan jalan kebenaran kehendak Tuhan. Konsep demikian terdapat dalam ajaran agama atau kepercayaan ...
A. BudHa dan Kristen
B. Islam dan Kejawen
C. Mappurondo di Sulawesi dan Budha
D. Sunda wiwitan dan Khatolik
E. Ugamo Malim di Batak Toba dan Marapu di Sumba

Jawaban: E. Ugamo Malim di Batak Toba dan Marapu di Sumba

Konsep bahwa kehidupan "roh" para leluhur terdahulu turut serta mengarahkan "roh-hidup" manusia generasi selanjutnya, menemukan jalan kebenaran kehendak Tuhan terdapat dalam kepercayaan Ugamo Malim di Batak Toba dan Marapu di Sumba.

Kepercayaan tersebut meyakini bahwa leluhur memiliki kekuatan dan pengaruh yang kuat terhadap kehidupan manusia, dan kehidupan manusia juga dipengaruhi oleh lingkungan alam sekitarnya.

Dalam kepercayaan ini, terdapat penghormatan yang sangat besar terhadap leluhur dan alam semesta, serta keyakinan bahwa hubungan manusia dengan alam semesta dan kepercayaan pada Tuhan harus dijaga dengan baik.