Jawaban: Akhir-akhir ini sikap menuruti etika sosial kemasyarakatan di kalangan remaja terasa sangat rendah termasuk di kalangan pelajar. Mereka sering mencemooh anak-anak yang patuh berbudi pekerti luhur. Mereka menganggap bebas itu bila berani beda, menentang aturan norma umum itu bagi mereka hebat. Orang tua yang merasa risih dan masyarakat merasa terganggu masa bodoh. Apa pendapatmu tentang masa depan remaja-remaja semacam itu?


Akhir-akhir ini sikap menuruti etika sosial kemasyarakatan di kalangan remaja terasa sangat rendah termasuk di kalangan pelajar. Mereka sering mencemooh anak-anak yang patuh berbudi pekerti luhur. Mereka menganggap bebas itu bila berani beda, menentang aturan norma umum itu bagi mereka hebat. Orang tua yang merasa risih dan masyarakat merasa terganggu masa bodoh. Apa pendapatmu tentang masa depan remaja-remaja semacam itu?
A. Masa depan orang tiada yang tahu, tak peduli ia baik atau jahat saat ini
B. Masa depan akan baik-baik saja asal orang tua mampu membutuhinya
C. Cukup baik karena mereka terbiasa setia bekerja sama dalam kelompoknya
D. Kemungkinan akan buruk, tetapi mereka tidak menyesalinya
E. Jika kelak bernasib buruk biasanya menyalahkan lingkungannya.

Jawaban: D. Kemungkinan akan buruk, tetapi mereka tidak menyesalinya

Remaja yang tidak menghargai etika sosial kemasyarakatan dapat mengalami konsekuensi yang buruk di masa depan. Mereka mungkin akan sulit membangun hubungan yang sehat dengan orang lain, kesulitan dalam berkarir, dan bahkan masalah hukum.

Namun, mereka mungkin tidak menyesali perilaku mereka karena dianggap sebagai tindakan keberanian dan pemberontakan. Hal ini dapat dipengaruhi oleh pandangan masyarakat dan teman sebaya mereka yang mendukung perilaku semacam itu.

Comments