Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Pengajuan Modal Usaha ke Pemerintah Kabupaten/Kota

Surat Pengajuan Modal Usaha ke Pemerintah adalah surat yang dibuat oleh pelaku usaha atau perusahaan yang berisi permohonan modal atau dana dari pemerintah untuk mendukung pengembangan usahanya.

Surat ini tujukan ke pemerintah, biasanya melalui instansi terkait seperti Dinas atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten/Kota, dengan tujuan untuk memperoleh dukungan dalam hal pembiayaan, promosi produk, dan berbagai bantuan lainnya yang dapat membantu perkembangan usaha.

Surat pengajuan modal usaha ke pemerintah ini, biasanya dijelaskan mengenai profil usaha, jenis usaha, potensi pasar, strategi pengembangan usaha, dan besaran modal yang dibutuhkan.

Selain itu, surat ini juga diharapkan dapat memaparkan manfaat yang diperoleh dari pengembangan usaha tersebut, baik bagi pelaku usaha sendiri maupun bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Berikut adalah contoh surat pengajuan modal usaha ke pemerintah Kabupaten/Kota:

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Bupati/Walikota


Perihal: Pengajuan Modal Usaha

Dengan hormat,

Sehubungan dengan program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah, kami bermaksud mengajukan permohonan modal usaha untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di wilayah Kabupaten/Kota ini.

Adapun usaha yang kami ajukan adalah usaha pembuatan kerajinan tangan dari limbah plastik, dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan. Usaha ini memiliki prospek yang cerah, karena masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan hidup dengan cara daur ulang limbah plastik. Selain itu, usaha ini dapat membantu mengurangi jumlah sampah plastik di lingkungan sekitar.

Kami memiliki pengalaman dalam bidang kerajinan tangan dan telah melakukan studi kelayakan usaha ini. Kami memerlukan modal sebesar Rp 50 juta untuk membeli mesin penghancur dan mesin pembuat kerajinan tangan, serta membiayai kebutuhan bahan baku dan promosi produk.

Dalam pengembangan usaha ini, kami akan bekerja sama dengan instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan, untuk mengadakan program edukasi dan pelatihan pengolahan limbah plastik menjadi kerajinan tangan. Kami juga akan menjalin kerjasama dengan toko souvenir dan toko kreatif untuk memasarkan produk kami.

Dengan ini, kami mohon dukungan dan perhatian Bapak/Ibu Pimpinan Pemerintahan Kabupaten/Kota, untuk memberikan modal usaha sebesar Rp 50 juta dan dukungan dalam hal promosi produk, sehingga kami dapat mewujudkan usaha ini dan memberikan manfaat bagi masyarakat serta lingkungan sekitar.

Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan dukungan Bapak/Ibu Pimpinan Pemerintahan Kabupaten/Kota, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,


[Nama dan Tanda Tangan Pelaku Usaha]