Khotbah Ekspositori Tentang Pengharapan Singkat, Padat dan Jelas


Khotbah ekspositori tentang pengharapan adalah suatu khotbah yang bertujuan untuk menjelaskan secara rinci dan sistematis tentang topik pengharapan dalam Alkitab. Khotbah ini biasanya dimulai dengan pembukaan teks Alkitab yang relevan, dan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan terperinci tentang makna dari firman tersebut.

Khotbah ini bertujuan untuk memberikan pengertian yang jelas tentang pengharapan, dan menginspirasi para jemaat untuk memiliki pengharapan yang kuat dalam Tuhan.

Khotbah ekspositori tentang pengharapan dapat mencakup beberapa topik seperti janji-janji Tuhan dalam Firman-Nya, keyakinan dalam kemampuan Tuhan untuk memenuhi janji-Nya, contoh-contoh dari tokoh Alkitab yang memiliki pengharapan yang kuat, serta pengharapan terhadap kehidupan kekal di surga.

Semoga khotbah ekspositori tentang pengharapan ini dapat menguatkan iman dan menginspirasi para jemaat untuk memiliki pengharapan yang kokoh dalam Tuhan, dan menumbuhkan rasa percaya bahwa Tuhan selalu memperhatikan mereka dan memiliki rencana yang baik bagi hidup mereka.

Beirkut adalah khotbah ekspositori tentang pengharapan singkat, padat dan jelas:

Saudara-saudara yang dikasihi oleh Kristus, pengharapan adalah keyakinan bahwa masa depan akan menjadi lebih baik, dan bahwa Tuhan akan memenuhi janji-janji-Nya kepada kita. Sebagai orang percaya, kita memiliki harapan yang kuat dalam Tuhan kita, dan kita harus memperkuat iman kita dengan mengingat janji-janji-Nya.

Mari kita melihat beberapa janji Tuhan dalam Firman-Nya. Roma 8:28 mengatakan, "Dan kita tahu bahwa bagi mereka yang mengasihi Allah, segala sesuatu bekerja sama untuk kebaikan mereka, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana-Nya." Janji ini memberikan kita pengharapan bahwa bahkan dalam kesulitan dan penderitaan, Tuhan bekerja untuk kebaikan kita. Ia tidak pernah meninggalkan kita, dan Ia selalu memperhatikan kita.

Selain itu, Yeremia 29:11 mengatakan, "Sebab Aku mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan." Janji ini memberikan kita pengharapan bahwa Tuhan memiliki rencana yang baik untuk hidup kita dan bahwa Ia selalu memperhatikan kita.

Namun, pengharapan bukan hanya tentang mengetahui janji-janji Tuhan. Pengharapan juga tentang keyakinan kita dalam kemampuan Tuhan untuk memenuhi janji-janji tersebut. Ketika kita memiliki keyakinan yang kuat dalam kemampuan Tuhan, kita dapat memiliki pengharapan yang kokoh dan tahan uji.

Kita dapat melihat contoh ini dalam kehidupan Abraham. Ketika Tuhan meminta Abraham untuk meninggalkan tanah asalnya dan pergi ke suatu tempat yang belum pernah ia ketahui, Abraham memiliki keyakinan yang kuat bahwa Tuhan akan memenuhi janji-janji-Nya kepadanya. Ia percaya bahwa Tuhan akan memberinya keturunan, meskipun ia dan istrinya sudah tua dan tidak memiliki anak. Keyakinan Abraham dalam kemampuan Tuhan memenuhi janji-janji-Nya memperkuat pengharapannya.

Mari kita ingat bahwa pengharapan tidak hanya tentang masa depan kita di sini di bumi, tetapi juga tentang masa depan kita di surga. Kita memiliki pengharapan bahwa suatu hari nanti kita akan bersama Tuhan di surga, di mana tidak akan ada lagi kesedihan, penderitaan, atau rasa sakit. Inilah pengharapan yang sejati, dan itu harus menjadi fokus kita di dalam hidup ini.

Saudara-saudara yang dikasihi Yesus Kristus, mari kita memperkuat pengharapan kita dalam Tuhan kita. Mari kita selalu mengingat janji-janji-Nya, dan mari kita memiliki keyakinan yang kuat dalam kemampuan-Nya untuk memenuhi janji-janji tersebut.

Doa:

Tuhan, kami bersyukur atas segala berkat yang telah Engkau berikan kepada kami.

Hari ini, kami memohon agar Engkau memberikan kami pengharapan yang kuat. Jadikanlah hati kami penuh dengan keyakinan akan janji-janji-Mu yang luar biasa, bahwa Engkau selalu memperhatikan kami dan bahwa rencana-Mu untuk hidup kami adalah rencana damai sejahtera.

Tuhan, kami memohon agar Engkau memberikan kami kekuatan untuk menghadapi setiap cobaan dan kesulitan dalam hidup ini. Bantulah kami untuk selalu percaya bahwa Engkau akan selalu menyertai kami dan memberikan bantuan kepada kami di saat kami membutuhkan.

Dalam nama-Mu Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.

Comments