Khotbah Acara Pertunangan Kristen: Bimbingan Rohani Kepada Pasangan yang akan Menikah


Khotbah kristen ibadah pertunangan adalah khotbah yang disampaikan oleh seorang pendeta atau pemimpin gereja pada acara pertunangan pasangan yang akan menikah.

Khotbah ini bertujuan untuk memberikan nasihat dan bimbingan rohani kepada pasangan yang akan menikah, serta untuk mempersiapkan mereka secara spiritual untuk memulai kehidupan bersama dalam ikatan pernikahan.

Isi dari khotbah acara pertunangan dapat berupa ajaran-ajaran dari Alkibat mengenai pernikahan, seperti makna keutamaan cinta, kesetiaan, dan pengampunan dalam hubungan suami-istri.

Berikut adalah khotbah acara pertunangan kristen:

Bapak/Ibu, Saudara-saudara yang dikasihi oleh Yesus Kristus, saya ingin mengucapkan selamat kepada kedua pasangan yang akan bertunangan hari ini. Ini adalah momen yang sangat spesial dalam hidup kalian berdua.

Sebagai orang Kristen, kita percaya bahwa pernikahan adalah institusi yang suci dan diberkati oleh Tuhan. Allah menciptakan manusia sebagai makhluk sosial, dan Dia juga menciptakan pasangan agar saling melengkapi dan memperkuat satu sama lain dalam kehidupan.

Pertunangan adalah awal dari perjalanan menuju pernikahan. Ini adalah waktu ketika pasangan dapat mempersiapkan diri mereka secara spiritual dan mental untuk ikatan yang akan mereka jalin di masa depan. Ini adalah waktu ketika mereka dapat mengevaluasi nilai-nilai dan keyakinan mereka, serta menetapkan tujuan bersama.

Kepada kedua pasangan, saya ingin mengatakan bahwa ini adalah waktu untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dengan Tuhan dan dengan satu sama lain. Saling mengasihi dan menghargai, serta saling memperkuat dalam kebaikan dan kejujuran akan membawa kalian menuju kesuksesan dalam pernikahan.

Saat kalian memulai perjalanan kalian menuju pernikahan, ingatlah bahwa Tuhan harus selalu menjadi bagian terpenting dari kehidupan kalian. Dia adalah sumber kekuatan, cinta, dan kasih sayang yang tak terbatas. Percayalah pada-Nya, berdoalah bersama, dan bertumbuhlah bersama dalam iman dan kesetiaan kepada-Nya.

Bapak/Ibu, Saudara-saudara yang dikasihi oleh Yesus Kristus, mari kita berdoa untuk kedua pasangan yang kita cintai ini, agar mereka selalu merasa diberkati dan dilindungi dalam pernikahan mereka. Semoga Tuhan memberikan kalian cinta yang tulus, kebahagiaan yang abadi, dan hidup yang penuh berkat. Terima kasih.

Doa:

Tuhan, terima kasih atas kesempatan yang Kau berikan kepada kami untuk berkumpul dan merayakan pertunangan kedua pasangan yang berbahagia ini.

Kami memohon kepada-Mu, ya Tuhan, agar Engkau memberkati kedua pasangan ini dalam perjalanan menuju pernikahan mereka. 

Kami percaya, Engkau adalah sumber kekuatan dan kebijaksanaan, dan kami memohon agar Engkau memberikan mereka kekuatan untuk mengatasi setiap rintangan dan tantangan yang mereka hadapi.

Kiranya Engkau memberkati hubungan mereka dengan cinta yang tulus, kasih sayang yang melimpah, dan kepercayaan yang kokoh satu sama lain.

Kami juga memohon agar Kau menuntun mereka dalam jalan yang benar dan berikanlah kepada mereka kebahagiaan dan kesuksesan dalam pernikahan mereka.

Kepada kedua pasangan ini, kami mengucapkan selamat dan kami mendoakan agar mereka senantiasa berada di bawah lindungan-Mu.

Dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.

Comments