Contoh Doa Pengakuan Dosa Kristen Singkat, Padat dan Jelas

Doa pengakuan dosa adalah mengakui kesalahan atau dosa-dosa yang telah kita lakukan dan memohon pengampunan dan pertolongan dari Tuhan untuk bisa memperbaiki diri dan tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Manusia sebagai makhluk yang tidak sempurna selalu berpotensi untuk melakukan kesalahan dan dosa. Untuk itulah kita perlu berdoa pengakuan dosa.

Doa pengakuan dosa dapat dilakukan kapan saja sepanjang orang Kristen merasa perlu untuk memohon ampun dan memperbaiki hubungan mereka dengan Allah.

Namun umumnya doa ini sering dilakukan pada beberapa momen tertentu, seperti saat ibadah di gereja, saat berdoa sendiri dan saat menjalankan sakramen pengakuan dosa.

Setelah melakukan doa pengakuan dosa, kita berharap menerima pengampunan dari Tuhan atas dosa-dosa yang telah diakui, serta berupaya untuk tidak mengulangi kesalahan dan dosa yang sama di masa depan untuk hidup lebih baik lagi.

Berikut contoh doa pengakuan dosa singkat, padat dan jelas:

Tuhan, aku mengaku bahwa aku adalah orang berdosa. Aku telah melakukan kesalahan dan melakukan dosa dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Aku mengakui bahwa dosa-dosa yang telah kuperbuat telah melawan kehendak-Mu.

Aku memohon pengampunan atas dosa-dosaku. Kuatkanlah Aku untuk memperbaiki diri dan hidup dengan cara yang menyenangkan hati-Mu.

Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin

Komentar