Soal dan Jawaban materi Pemetaan Peluang dan Tantangan Berpancasila di Kehidupan Global - PPKn Kelas 11 SMA/SMK


Berikut soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas XI SMA/SMK materi Bagian 1: Pancasila, Unit 3: Pemetaan Peluang dan Tantangan Berpancasila di Kehidupan Global, halaman 57 dan 58 lengkap dengan kunci jawaban.

Uji Pemahaman:

1. Kemajuan teknologi memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan berbangsa, terutama dalam penerapan Pancasila, jelaskan!

2. Sebagai warga negara Indonesia, bagaimana sebaiknya kita menyikapi perkembangan teknologi?

3. Sebagai pelajar, apa saja yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan peluang penerapan Pancasila dalam kehidupan global?

4. Apa saja tantangan yang dihadapi dalam penerapan Pancasila dalam kehidupan global, serta bagaimana menghadapi tantangan tersebut?

5. Sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia, bagaimana sebaiknya sikap kita dalam menghadapi tantangan kehidupan global?

Kunci Jawaban:

1. Kemajuan teknologi memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan berbangsa, terutama dalam penerapan Pancasila, yaitu:

Dampak positif kemajuan teknologi membuat kita dapat bertukar informasi, berkomunikasi, berinteraksi dengan orang lain, bahkan dengan orang yang sangat jauh sekali. Diisi lain, kemajuan teknologi juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan berbangsa, yaitu masuknya ideologi radikalisme, ekstremisme, terorisme, konsumerisme (paham terhadap gaya hidup mewah) dan penyebaran berita hoaks

2. Sebagai warga negara Indonesia, sebaiknya kita menyikapi perkembangan teknologi dengan bijaksana, yaitu memanfaatkan dan menggunakan teknologi untuk hal positif, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan maupun komunikasi serta meminimalisir dampak negatif penggunaan teknologi seperti membuat/membagikan berita hoaks, Cyber Porn, ujaran kebencian dan sebagainya.

3. Sebagai pelajar, yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan peluang penerapan Pancasila dalam kehidupan global, yaitu belajar dengan gigih agar memiliki sejumlah kecakapan, terutama di bidang literasi, kompetensi, dan karakter sehingga bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi.

4. Tantangan yang dihadapi dalam penerapan Pancasila dalam kehidupan global adalah kita akan bersaing dengan bangsa-bangsa lain, terutama dibidang teknologi, pekerjaan, krisis lingkungan, pemanasan global, pandemi, kekerasan, dan perang global.

Cara menghadapi tantangan tersebut yaitu, kita harus memiliki kompetensi dan keterampilan yang setara dengan bangsa-bangsa lain sehingga dapat bersaing pada abad ke-21 ini. Adapun kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21 ini, diantaranya literasi, kompetensi, dan karakter.

Pada abad ini, kita tidak cukup hanya pintar, menghafal teori-teori, rumus-rumus, dan definisi-definisi, tetapi juga perlu memiliki kompetensi untuk memecahkan masalah, melakukan kolaborasi dan kerja sama. Juga perlu memiliki karakter untuk terus belajar dan gigih sehingga bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi.

5. Sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia, sebaiknya sikap kita dalam menghadapi tantangan kehidupan global, yaitu:
  • Menggali kekuatan atau kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia, yang dapat digunakan untuk berkontribusi dalam kehidupan global, terutama kekayaan tradisi, kebudayaan dan kekayaan alamnya.
  • Membekali diri dengan berbagai keterampilan penting yang dibutuhkan pada abad ini, seperti kolaborasi, komunikasi, literasi, dan lain sebagainya.
  • Terus menampilkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam konteks global sehingga Pancasila dapat hadir memberikan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan global
  • Perlu memahami Pancasila dengan baik dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  • Mampu menggunakan Pancasila sebagai penyelesaian masalah yang terjadi

Baca Juga...

There is no other posts in this category.