Soal dan Jawaban Konsep Usaha dan Energi - Fisika 10 SMA Semester Genap


Berikut adalah contoh soal materi Konsep Usaha dan Energi. Mata pelajaran Fisika kelas X SMA lengkap dengan kunci Jawaban.

Soal Essay:
  1. Melalui bacaan di atas, apakah usaha yang dilakukan Amir pada saat peristiwa pertama dan kedua memiliki nilai yang sama? Uraikan jawabanmu!
  2. Apakah yang dimaksud usaha dalam Fisika? Lalu apa hubungannya usaha dengan energi?
  3. Apa yang dimaksud dengan energi?
  4. Pembagian energi mekanik ada dua, berilah penjelasan beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari!

Kunci Jawaban:

1. Usaha yang dilakukan Amir pada saat peristiwa pertama dan kedua tidak memiliki nilai yang sama, karena pada peristiwa pertama Amir turun dari mobil dan mendorong mobilnya sehingga mobil berpindah tempat. Sedangkan pada peristiwa kedua Amir tetap di dalam mobil dan mobil bergerak tanpa adanya bantuan dorongan dari Amir.

2. Usaha dalam Fisika adalah hanya dilakukan oleh gaya yang bekerja pada benda, dan suatu gaya yang dikatakan melakukan usaha pada benda hanya jika gaya tersebut menyebabkan benda berpindah.

Hubungan usaha dengan energi adalah ketika gaya melakukan usaha pada sebuah benda maka akan terjadi perubahan energi pada benda tersebut.

3. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha.

4. Pembagian energi mekanik ada dua, yaitu:
a. Energi kinetik, adalah energi yang dimiliki benda karena geraknya.

Jadi, setiap benda yang bergerak memiliki energi kinetik. Contonya mobil yang sedang bergerak menuju kota.

b. Energi potensial, adalah energi yang tersimpan dalam suatu benda akibat kedudukan atau posisi benda tersebut dan suatu saat dapat dimunculkan.

Contohnya buah kelapa yang berada dipohon.