Macam-Macam Alat Ukur Tanah Mekanik dalam Pekerjaan Konstruksi Bangunan


Pekerjaan dasar ukur tanah merupakan suatu pekerjaan yang dilaksanakan guna dapat menentukan kedudukan suatu titik atau untuk penggambaran sebuah keadaan fisik bangunan yang terdapat pada permukaan bumi.

Pekerjaan ukur tanah sebenarnya memiliki manfaat banyak sekali, diantaranya adalah dapat menentukan batas suatu tanah atau sebagai daerah perencanaan pekerjaan teknik konstruksi didalam pekerjaan pembangunan sebuah jembatan, pembangunan jalan, pembangunan konstruksi gedung, pembuatan bangunan air dan lain-lain.

Alat pegukuran tanah bertype mekanik dapat dibedakan menjadi dua alat ukur yang sesuai fungsinya, yakni alat ukur tanah Digital dan alat ukur tanah Optik.

Pada alat ukur ini biasanya dilengkapi dengan beberapa perlengkapan optik, maka alat ukur ini disebut sebagai demikian, apabila dibandingkan dengan alat ukur tanah sederhana pada umumnya data yang diperoleh alat ini akan lebih akurat.

Berikut 4 macam alat ukur tanah mekanik yang biasa digunakan dalam pekerjaan konstruksi bangunan, antara lain:

1. Alat ukur optik (Waterpass)
Alat ukur Waterpas biasa dipakai dengan menggunakan kaki tiga (tripod) dan berada pada posisi yang sesuai dengan letak titiknya.


Tripod atau kaki tiga juga harus dapat berada diposisi yang stabil dan kuat serta plat atau landasan yang menjadi tempat dudukan waterpas harus dalam keadaan datar, kuat dan seimbang.

2. Alat ukur optik (Theodolite)
Alat ukur ini biasanya digunakan untuk membantu pekerjaan pengukuran tanah, alat ini dapat digunakan untuk mengukur sebuah ketinggian suatu tanah berdasarkan pada sudut tegak dan sudut datar.


Pada alat ukur theodolite ini terdapa tiga type, antara lain adalah Theodolit Repetisi, Theodolit Reterasi dan Theodolit Elektro Optis.

3. Alat ukur digital Total Station
Alat ukur digital Total Station ini merupakan alat pengembangan dari Alat ukur Theodolit. Tidak terlalu beda dengan Theodolit, maka alat ini juga diperlukan dalam menunjang melakukan pekerjaan pengukuran tanah.


Dalam mendirikan total station ini juga memerlukan kaki tiga atau tripod juga alat penyangga supaya posisinya kuat dan stabil saat akan digunakan.

4. Alat ukur digital Global Positioning System (GPS)
Alat ukur digital GPS ini adalah suatu sistem navigasi yang berbasis satelit dengan memberikan informasi kepada penggunanya yang ada di permukaan muka bumi dimana posisi suatu tempat atau area.


GPS dapat memberikan suatu informasi dengan menunjukkan dalam bentuk titik koordinat tertentu.