Jenis-Jenis Elemen Struktur pada Konstruksi Bangunan


Struktur dibagi menjadi 2, yaitu struktur bawah dan struktur atas, dibedakan atas perletakannya dalam konstruksi.

Teknik konstruksi bangunan mempunyai beberapa elemen pendukung serta pelengkap untuk sebuah bangunan yang sempurna.

Daftar elemen-elemen tersebut biasa disebut dengan elemen struktur bangunan, dapat dijelaskan bahwa elemen tersebut merupakan bagian dari sebuah sistem konstruksi bangunan yang bekerja guna menyalurkan besarnya beban atas beban bangunan yang ada di atas tanah.

Adapun fungsi utama dari elemen-elemen struktur itu adalah dapat memberi kekakuan serta kekuatan yang dibutuhkan guna mencegah sebuah konstruksi bangunan mengalami kerobohan dan keruntuhan.

Struktur pada bangunan umumnya terdiri atas struktur bawah (lower structure) dan struktur atas (upper structure).

Struktur bawah (lower structure) yang dimaksud adalah pondasi dan struktur bangunan yang berada di bawah permukaan tanah, sedangkan yang dimaksud dengan struktur atas (upper structure) adalah struktur bangunan yang berada di atas permukaan tanah seperti kolom, balok, plat, tangga.

Setiap komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda di dalam sebuah struktur.

Elemen-elemen struktur bangunan tersebut dapat berupa sebuah bagian bangunan yang dapat menyalurkan beban diatasnya, untuk selanjutnya dapat disalurkan pada bagian bawah tanah dibangunan tersebut, sehingga beban tersebut pada akhirnya dapat di tahan oleh struktur yang ada.

Berikut beberapa jenis elemen pada struktur bangunan:
 
1. Balok
Balok merupakan salah satu struktur yang mempunyai arti sangat penting bagi sebuah konstruksi bangunan, balokmembantu bangunan supaya menjadi kuat dan kokoh. 

Balok merupakan bagian yang terdiri sebuah struktur konstruksi bangunan yang mempunyai karakteristik kaku dan kuat.

Balok juga dibuat guna dapat memikul berat bangunan juga dapat memindahkan beban yang dimiliki bangunan tersebut menuju elemen- elemen yang ada pada kolom penopang strukturnya.

2. Kolom
Kolom memiliki bentuk berupa yaitu sebuah batang tekan berbentuk vertikal menjulur dari rangka sebuah struktur yang dapat memikul suatu beban dari struktur balok.

Kolom merupakan salah satu elemen pada struktur tekan yang mempunyai peran tak kalah penting penting untuk suatu bangunan.

Diibaratkan tubuh manusia, maka kolom itu adalah rangka dari tubuh kita, yang bertugas menopang tubuh kita.

Kolom merupakan bagian dari sebuah struktur utama bangunan yang mempunyai tugas untuk meneruskan berat pada bangunan dan meneruskan berat beban yang akan ditopang bangunan, beban angin, beban barang, manusia itu sendiri.

3. Rangka
Rangka pada bangunan merupakan salah satu bagian dari sebuah bangunan yang termasuk salah satu struktur utama guna mendukung berat dari bangunan itu sendiri juga beban dari luar yang dapat bekerja kepadanya.

Rangka bangunan berfungsi guna dapat meneruskan kembali beban tegak atau vertikal juga beban  mendatar atau horizontal, dapat berbentuk beban yang tetap, beban hidup yaitu orang dan beban benda yang ada, maupun beban adanya angin dan beban gempa kedalam tanah.

4. Rangka Batang
Rangka batang adalah rangkaian batang-batang berbentuk segitiga yang terdapat pada suatu struktur rangka yang biasa digunakan didalam bangunan.

Rangka batang bisa terbuat dari beberapa material bangunan seperti dari baja, aluminium, kayu, dan lain-lain.

Ada beberapa bentuk yang biasa digunakan dalam membuat struktur rangka batang, diantaranya adalah bentuk segitiga. 

Bentuk segitiga sering digunakan karena mempunyai bentuk yang cukup stabil, juga tidak mudah berubah-ubah.

Berikut beberapa macam-macam bentuk rangka batang
  • Studyo
  • Polinesian
  • Inverted
  • Flated
  • Bowstringing
  • Attict
  • Regullary
  • Scissor
  • Cambereded
  • Dual pitchs
  • Mono pitchs
  • Gambrell
  • Cathedrall

5. Kubah dan Cangkang Bola
Struktur bangunan dengan bentuk kubah atau cangkang bola merupakan suatu bentuk pada struktur yang memiliki kelengkungan ganda.

Pada umumnya strukturnya dibentuk dari beberapa material kaku dan kokoh seperti beton bertulang, bisa juga dari kayu atau partisi lain yang sejenis.

Pada model lain juga bisa dibuat dari rangkaian tumpukan batu bata.

Struktur kubah dan cangkang bola ini merupakan sruktur yang sangat efektif untuk digunakan pada bangunan dengan bentang besar, dan penggunaan bahan material yang relatif lebih sedikit.

6. Dinding dan Pelat
Dinding atau tembok dan pelat bentuk datar pada umumnya dapat berbentuk sebuah struktur yang kaku membentuk sebuah permukaan dalam suatu dinding sebagai pemikul beban yang ada.

Dinding dan pelat yang datar mampu untuk menopang beban yang ada, baik beban yang telah bekerja dari arah tegak atau vertikal ataupun arah mendatar atau horizontal.

Kekuatan yang terhadap beban dalam arah tegak atau arah vertikal menjadi sangat terbatas jika struktur dinding terbuat dari suatu material yang kecil.