Dokumen yang Perlu Disiapkan dalam Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi


Pekerjaan pelaksanaan bangunan gedung memiliki beberapa tahapan, diantaranya adalah pekerjaan pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan konstruksi bangunan yang meliputi pekerjaan pelaksanaan fisik, pekerjaan pengawasan, adanya uji coba dan pelaksanaan penyerahan seluruh hasil akhir suatu pekerjaan. 

Pekerjaan pelaksanaan dan pengawasan untuk pekerjaan konstruksi bangunan dapat dilakukan dengan berdasarkan dari hasil perencanaan teknik yang dilakukan sebelumnya.

Pekerjaan pelaksanaan konstruksi bangunan adalah tahap dalam pekerjaan pelaksanaan dalam mendirikan fisik bangunan gedung. 

Pendirian fisik bangunan baik untuk pembangunan konstruksi bangunan baru, bangunan tahap renovasi atau perbaikan sebagian atau perbaikan seluruhnya juga bangunan perluasan dari bangunan yang telah ada sebelumnya, pekerjaan lanjutan pembangunan yang belum selesai atau dalam tahap pelaksanaan, pekerjaan perawatan meliputi renovasi, restorasi dan rehabilitasi, yang dilakukan dengan menggunakan jasa yang menyediakan pelayanan pelaksanaan konstruksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Adapun dokumen-dokumen yang perlu disiapkan dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi, adalah sebagai berikut:
  1. Kumpulan gambar atau desain yang sesuai dengan pelaksanaan (as built drawing).
  2. Berkas dokumen perizinan yang telah didapat pada saat pelaksanaan pekerjaan konstruksi secara fisik, termasuk didalamnya Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
  3. Dokumen berkas kontrak kerja pada pelaksanaan konstruksi secara fisik, pekerjaan akan pengawasan beserta semua perubahan dan tambahan serta addendumnya.
  4. Dokumen laporan baik laporan harian, laporan mingguan maupun laporan bulanan yang telah dibuat selama pelaksanaan pekerjaan konstruksi fisik, pada laporan akhir di manajemen konstruksi atau pekerjaan pengawasan dan laporan akhirpekerjaan pengawasan secara berkala.
  5. Dokumen berita acara tentang perubahan dalam pekerjaan, diantaranya pekerjaan tambah dan kurang, dokumen serah terima kesatu dan kedua, dokumen pemeriksaan pada pekerjaan, dan dokumen berita acara yang lain dapat berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan konstruksi fisik.
  6. Kumpulan foto dokumentasi pada setiap sisi tahapan kemajuan yang diambil pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi bangunan fisik.
  7. Panduan manual perawatan dan pemeliharaan bangunan konstruksi gedung, termasuk beberapa petunjuk yang menyangkut dalam prosedur pengoperasian dan dalam perawatan semua peralatan serta perlengkapan bagian mekanikal dan elektrikal bangunan.