Rangkuman BAB 9 Allah Menolak Diskriminasi - Kelas 10 Kurikulum Merdeka


Allah Menolak Diskriminasi adalah BAB IX buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka.

Adapun materi BAB 9 Allah Menolak Diskriminasi ini adalah:
  1. Diskriminasi dalam Kehidupan Masyarakat
  2. Pesan Alkitab tentang Menolak Diskriminasi

Setelah mempelajari BAB 9 ini, peserta didik diharapkan memiliki kepekaan dan empati/peduli terhadap berbagai bentuk diskriminasi ras, etnis, gender, dan lain-lain.

Berikut adalah rangkuman BAB 9 Allah Menolak Diskriminasi dalam buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka:

Tuhan menciptakan manusia tanpa membeda-bedakan mana yang lebih tinggi derajatnya. Akan tetapi, manusia merusak ciptaan Tuhan ini dengan membuat dirinya lebih tinggi dari orang lain.

Ada beragam bentuk membeda-bedakan, yaitu stereotip, prasangka, diskriminasi, dan stigma. Semuanya ini memiliki kesamaan, yaitu perilaku yang dengan sengaja membedakan antara diri sendiri dengan orang lain yang berbeda jenis kelamin, suku, etnis, ras, agama, golongan, dan sebagainya.

Perilaku membedakan ini menjadi pemicu bagi tumbuhnya konflik antarkelompok yang berbeda jenis kelamin, etnis, agama, atau golongan. Sebagai murid Kristus, kita semua terpanggil untuk mengikis perbedaan yang ada, dan harus melihat semua manusia adalah sama berharganya di hadapan Allah.

Pesan alkitab tentang menolak diskriminasi,  yaitu Matius 7 ayat 12 Yesus mengatakan, “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Itulah rangkuman atau ringkasan materi BAB 9 Allah Menolak Diskriminasi. Semoga bermanfaat.