Rangkuman BAB 5 Peninggalan Sejarah Hindu di Asia - Kelas 10 Kurikulum Merdeka


Peninggalan Sejarah Hindu di Asia adalah BAB V buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka.

Adapun materi BAB 5 Peninggalan Sejarah Hindu di Asia ini adalah:
  1. Peninggalan Sejarah Agama Hindu di Asia
  2. Bukti Sejarah Peninggalan Agama Hindu di Asia
  3. Nilai-Nilai Peninggalan Sejarah Hindu di Asia
  4. Melestarikan Peninggalan Sejarah Hindu di Asia

Setelah mempelajari BAB 5 ini, peserta didik diharapkan mampu menganalisis, mengkreasikan serta menjadikan sejarah sebagai sumber pembelajaran positif pada kehidupan kekinian, dan berupaya melestarikan peninggalan sejarah dan kebudayaan Hindu di Asia, sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur agar tercipta kehidupan yang harmonis.

Berikut adalah rangkuman BAB 5 Peninggalan Sejarah Hindu di Asia dalam buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka:

Sejarah peninggalan Agama Hindu berdasarkan sejarah pada zaman weda dimulai pada masa suku bangsa Arya mulai mendatangi lembah Sungai Sindhu yang diperkirakan sekitar tahun 2.500—1.500. Pada zaman inilah suku bangsa Arya membawa perubahan peradaban pengetahuan Hindu dengan berhasilnya pada saat itu mekodifikasikan kitab Mantra menjadi Catur Weda.

Setelah zaman Weda, dikenal dengan zaman Brahmana yang menjelaskan bahwa pada zaman ini yang memiliki peran dan andil sangat besar terhadap kehidupan masyarakat pada zaman Brahmana khususnya dalam kehidupan keagamaan. Karena hanya kaum Brahmana saja yang berhak memimpin upacara keagamaan pada masa itu. Pada zaman Brahmana ditandai dengan upacara persembahan masyarakat kepada para dewa dan dengan disusunnya tata cara upacara pelaksanaan keagamaan yang teratur.

Upacara pelaksanaan keagamaan selalu menjadi pokok diskusi oleh masyarakat, sehingga masa inilah kemudian lahir yang disebut dengan zaman Upanisad. Zaman Upanisad ditandai dengan banyaknya filsuf yang lahir pada masa itu dan mulai masyarakat mendalami hakekat hidup, yaitu karma atau perbuatanlah yang akan menyelamatkan diri manusia untuk mencapai kesempurnaan, sehingga pengetahuan tentang rahasia Brahman dan atman menjadi pokok pikiran pada masa itu.

Peninggalan sejarah agama Hindu di India juga dapat diketahui dari kerajaan-kerajaan Hindu yang pernah ada seperti:
  1. Kerajaan Maurya;
  2. Kerajaan Gupta;
  3. Kerajaan Andhra; dan
  4. Kerajaan Pallawa.

Peninggalan agama Hindu selain terjadi di India, dalam sejarah peninggalan agama Hindu di Asia juga ditemukan di Cina, seperti sejarah agama Hindu pada masa Dinasti Han.

Ada beberapa kerajaan Hindu yang sangat besar dan terkenal di Indonesia Perkembangan Agama Hindu di Indonesia seperti Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur, Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat, Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah, Kerajaan Singosari dan Majapahit di Jawa Timur, dan selanjutnya Kerajaan Hindu di Bali.

Bukti peninggalan sejarah agama Hindu di Asia, dibuktikan dengan berbagai bentuk baik berupa fisik maupun hasil karya kesusastraan yang memiliki nilai-nilai seperti theologi keagamaan, kepemimpinan, dan nilai- nilai luhur tentang eika kehidupan.

Itulah rangkuman atau ringkasan materi BAB 5 Peninggalan Sejarah Hindu di Asia. Semoga bermanfaat.