Rangkuman BAB 4 Orang Tua adalah Pendidik Utama - Kelas 10 Kurikulum Merdeka


Orang Tua adalah Pendidik Utama adalah BAB IV buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka.

Adapun materi BAB 4 Orang Tua adalah Pendidik Utama ini adalah:
  1. Pesan Alkitab untuk Orangtua
  2. Pesan Alkitab untuk Anak-anak
  3. Keteladanan Orangtua bagi Anak

Setelah mempelajari BAB 4 ini, peserta didik diharapkan mampu memahami nilai-nilai iman Kristen dalam keluarga serta menjabakan peran keluarga dan orang tua sebagai pendidik utama.

Berikut adalah rangkuman BAB 4 Orang Tua adalah Pendidik Utama dalam buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka:

Orang tua harus memberi kesempatan kepada anak untuk bertumbuh sehingga anak menemukan apa yang Tuhan inginkan untuknya secara pribadi, bukan sekadar mengikuti keinginan orang tua. Itu sebabnya tanggung jawab mengasuh dan mendidik anak terletak pa- da orang tua, tidak boleh diberikan kepada orang lain.

Pesan alkitab untuk orang tua, yaitu “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu” (Amsal 22:6) serta “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan” (Efesus 6:4).

Pesan alkitab untuk anak-anak, yaitu “Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu” (Keluaran 20: 12) serta “Hai anak-anak, taati- lah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilahayahmu dan ibumu — ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.” (Efesus 6:1-3).

Keteladanan orang tua bagi anak, yaitu mengasuh dan mendidik anak agar mengenal Tuhan dan berperilaku seperti yang Tuhan inginkan.

Itulah rangkuman atau ringkasan materi BAB 4 Orang Tua adalah Pendidik Utama. Semoga bermanfaat.