Rangkuman BAB 10 Hidup dalam Masyarakat Majemuk - Kelas 10 Kurikulum Merdeka


Hidup dalam Masyarakat Majemuk adalah BAB 10 buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka.

Adapun materi BAB 10 Hidup dalam Masyarakat Majemuk ini adalah:
  1. Keberagaman Ras, Etnis, Budaya, dan Agama
  2. Dasar Teologis untuk Keberagaman
  3. Membangun Kepekaan terhadap Keberagaman

Setelah mempelajari BAB 10 ini, peserta didik diharapkan memahami sekolah sebagai lembaga pendidik yang melengkapi peserta didik menjadi peka terhadap keberagaman.

Berikut adalah rangkuman BAB 10 Hidup dalam Masyarakat Majemuk dalam buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka:

Saat penciptaan, ada suatu urutan yang terjadi. Tuhan menciptakan la- ngit dan bumi dan segala isinya dari yang semula tidak ada. Dimulai dengan terang yang dipisahkan dari gelap, bumi dan langit, laut dan daratan dan tumbuh-tumbuhan, matahari, bulan dan bintang-bintang, binatang baik di darat maupun di laut dan di udara, lalu manusia. Ada berbagai tumbuhan, binatang, dan dua jenis manusia, yaitu laki-laki dan perempuan. Jadi, dari penciptaan kita sudah melihat bahwa Allah menciptakan keberagaman.

Dasar teologis untuk keberagaman, yaitu Galatia 3:28 “Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.”

Cara membangun kepekaan terhadap keberagaman adalah setiap orang perlu menyadari bahwa setiap manusia diciptakan seturut dengan gambar dan citra Tuhan (imago dei) dan setiap manusia harus diperlakukan secara adil dengan penuh hormat.

Hendaklah kita memelihara keberagaman yang diciptakan Tuhan dengan menghormati dan mengasihi mereka yang berbeda dengan kita.

Itulah rangkuman atau ringkasan materi BAB 10 Hidup dalam Masyarakat Majemuk. Semoga bermanfaat.