Rangkuman BAB 1 Menjadi Dewasa dalam Segala Aspek - Kelas 10 Kurikulum Merdeka


Menjadi Dewasa dalam Segala Aspek adalah BAB I buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka.

Adapun materi BAB 1 Menjadi Dewasa dalam Segala Aspek ini adalah:
  1. Dewasa dalam Enam Aspek Perkembangan
  2. Pesan Alkitab tentang Menjadi Dewasa

Setelah mempelajari BAB 1 ini, peserta didik diharapkan mampu menganalisis pertumbuhan diri sebagai pribadi dewasa melalui cara berpikir, berkata, dan bertindak.

Berikut adalah rangkuman BAB 1 Menjadi Dewasa dalam Segala Aspek dalam buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka:

Dewasa secara fisik merujuk pada tercapainya tinggi badan dan berat badan yang cocok untuk tiap tahapan usia. Ini dapat diperoleh bila kita makan dengan gizi yang cukup, tidak terlalu kurang atau tidak berlebihan.

Dewasa secara kognitif merujuk pada memiliki kemampuan untuk mem- buat keputusan yang logis dan memahami apa yamg terjadi di lingkungannya. Untuk itu, bekal pendidikan menjadi penting karena individu disiapkan untuk mengembangkan kemandirian, menjadi kritis, dan kreatif.

Dewasa secara emosional merujuk pada kemampuan menyatakan emosi, baik positif maupun negatif, dengan alasan yang tepat, cara yang tepat, dalam situasi yang tepat, dan terhadap orang yang tepat.

Dewasa secara sosial merujuk pada kemampuan seseorang yang dapat ber- interaksi dengan orang lain (lebih muda, sebaya, dan lebih tua) tanpa memanipu- lasi atau dimanipulasi.

Dewasa secara moral atau spiritual merujuk pada pengertian mampu menjalin hubungan dengan Tuhan dan sesama, menggunakan standar nilai yang berlaku universal dan konsisten.

Dewasa dalam identitas diri merujuk pada kesadaran tentang keberadaan diri, bahwa dirinya memiliki beberapa kekuatan, tetapi juga sejumlah kelemahan.

Pesan alkitab tentang menjadi dewasa, yaitu Lukas 2 ayat 52, “Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat- Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.”

Bertumbuh menjadi dewasa adalah tugas tiap orang. Sebagai pengikut Kristus, kita memaknai pertumbuhan ini seturut dengan teladan yang sudah diperlihatkan oleh Tuhan Yesus sendiri. Janganlah pu- as bila kita masih bertahan pada sikap kekanak-kanakan.

Itulah rangkuman atau ringkasan materi BAB 1 Menjadi Dewasa dalam Segala Aspek. Semoga bermanfaat.