Pengertian Tabzir dan Israf Lengkap Dengan Contohnya

Sikap tabzir dan israf memiliki kemiripan pengertian dan makna.

Tabzir (boros) adalah perilaku membelanjakan harta tidak pada jalannya. Dengan kata lain, yang dimaksud pemborosan yaitu mengeluarkan harta tidak haq.

Apabila seseorang mengeluarkan harta sangat banyak tetapi untuk hal-hal yang dibenarkan oleh Islam, maka bukan termasuk pemborosan. Sebaliknya, jika seseorang mengeluarkan harta meskipun sedikit, tetapi untuk hal-hal yang dilarang agama, maka ia termasuk pemboros.

Sedangkan Israf (berlebihan) adalah sikap atau perilaku seseorang yang mempergunakan harta secara berlebihan atau melampaui batas dan tanpa manfaat.

Seseorang disebut berperilaku israf apabila ia membelanjakan harta melewati batas kepatutan menurut ajaran Islam, dan tidak ada nilai manfaatnya untuk kepentingan dunia maupun akhirat. Sifat israf ini dipengaruhi oleh godaan uang dan harta pada seseorang yang lemah imannya.

Allah Swt. sangat tidak menyukai seseorang yang mempergunakan harta secara berlebihan (israf) dan boros (Tabzir). Mereka menghamburkan harta sia-sia dan melupakan hak-hak orang lain atas hartanya.

Berikut adalah contoh perilaku tabzir dan israf daalam kehidupan sehari-hari:

1. Contoh tabzir dan israf dalam makan dan minum:
Seseorang mengambil banyak makanan dan minuman pada suatu acara tasyakuran. Ia takut tidak mendapat bagian, tanpa sama sekali tidak mempertimbangkan daya tampung perut. Akhirnya ia tidak sanggup menghabiskan makanan dan minuman tersebur.

2. Contoh tabzir dan israf dalam berbicara:
Berkata-kata yang tidak penting dan tidak perlu, baik secara langsung bertemu dengan lawan bicara ataupun melalui media elektronik, termasuk media sosial. Contoh lain misalnya, menggunakan kuota internet untuk searching dan chatting hal-hal yang tidak perlu.

3. Contoh tabzir dan israf dalam penampilan:
Memakai perhiasan emas di kedua tangan, leher, jari jemari, dan kaki pada saat pertemuan warga. Berpakaian mahal, mewah lengkap dengan tas import dari luar negeri.

Sebenarnya masih banyak contoh perilaku tabzir dan israf yang sering kita lihat dalam kehidupan masyarakat.

Komentar