6 Dampak Negatif Bagi Pelaku Zina dan Akibatnya


Sebagai umat muslim terutama para pelajar hendaklah mampu untuk menjaga pergaulan, menundukkan pandangan dan melindungi dirinya agar tidak terjerumus pada perbuatan zina yang akan menghilangkan kewibawaan, harkat, martabat dan kehormatan dirinya dihadapan Allah Swt. maupun di hadapan sesama manusia.

Menurut Imam Sayuti dalam Kitab Al-Jami’ Al-Kabir, perbuatan zina dapat mengakibatkan 6 dampak negatif bagi pelakunya. 3 dampak negatif di dunia dan 3 dampak negatif akan ditimpakan di akhirat.

Dampak negatifnya adalah sebagai berikut:

a. Dampak yang ditanggung di dunia:
1. Menghilangkan kewibawaan
Pelaku zina akan kehilangan kehormatan, martabat dan harga dirinya di tengah masyarakat. Bahkan bisa juga dianggap menjijikkan dan menjadi sampah bagi masyarakat.

2. Menyebabkan kefakiran
Tidak jarang, perilaku zina dapat membawa pelakunya menjadi miskin, karena ia akan selalu mengejar kepuasan nafsunya, dan tidak keberatan untuk mengeluarkan sejumlah biaya untuk memenuhi hasratnya.

3. Memperpendek umur
Perilaku zina, juga akan menyebabkan umur seseorang berkurang, karena perbuatan tersebut bisa menyebabkan dirinya terserang berbagai penyakit menular seksual yang berbahaya seperti halnya HIV/AIDS, kanker, penyakit kelamin dan sebagainya yang bisa mengantarkannya kepada resiko kematian.

b. Dampak yang akan ditanggung di akhirat:
1. Mendapatkan murka Allah Swt.
Perbuatan zina merupakan suatu dosa besar, sehingga para pelakunya akan mendapatkan murka dari Allah Swt. kelak di akhirat.

2. Mendapat hisab yang buruk
Pada saat yaumul hisab, para pelaku zina akan menyesali perbuatannya manakala kepada mereka akan diperlihatkan betapa besarnya dosa zina yang pernah mereka lakukan.

3. Mendapat siksa yang pedih
Pelaku zina akan mendapatkan siksa yang berat dan pedih kelak di akhirat.

Adapun akibat dari perbuatan zina antara lain sebagai berikut:
  • Dilaknat oleh Allah Swt. dan Rasul-Nya;
  • Dijauhi atau dikucilkan oleh masyarakat di sekitarnya;
  • Garis keturunan/nasab menjadi tidak jelas;
  • Anak hasil perbuatan zina tidak dapat dinasabkan kepada garis keturunan ayah biologisnya;
  • Anak hasil perbuatan zina, tidak dapat menuntut warisan dari ayahnya;
  • Apabila anak hasil perbuatan zina berjenis kelamin perempuan, maka akan mendatangkan persoalan perwalian pada saat pernikahannya.

Sedemikian buruknya perbuatan zina, Rasulullah Saw. bahkan pernah bersabda apabila seseorang melakukan zina, maka iman telah lepas dari dirinya.

Demikianlah, begitu banyaknya dampak negatif dari perbuatan zina, sehingga seyogyanya menjadi ibrah dan bahan untuk refleksi bagi masyarakat terutama pemuda dan pelajar, yang sedang berjuang untuk menyiapkan masa depan dan menggapai cita-cita untuk memiliki kehidupan yang lebih baik di masa mendatang, agar selalu berhati-hati dan menjaga diri supaya tidak terjerumus pada pergaulan bebas yang melampaui batas dan norma agama.