5 Tingkat Menjalin Hubungan Lengkap Dengan Penjelasannya


Menurut Rawlins, 2017; Spencer & Pahl, 2006 ada 5 (lima) tingkat yang bisa terjadi ketika kita menjalin hubungan dengan sesama, yaitu:
  1. Orang asing atau yang tidak dikenal, orang yang mungkin hanya tahu nama atau bahwa sekolahnya sama dengan sekolah kita, tetapi tidak penah saling menyapa. Pada saat ini, kesan pertama memegang peranan penting. Bila kita terkesan pada orang itu dan muncul keinginan utnuk mencari tahu lebih lanjut, terbuka kesempatan untuk maju ke langkah berikutnya.
  2. Berkenalan terjadi karena ada kesempatan untuk saling menyapa. Akan tetapi, bila ternyata terjalin lebih banyak percakapan, bisa berlanjut ke tahap berikutnya.
  3. Berteman karena ada rasa tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, mungkin dipicu oleh kesamaan minat dan kesamaan aktivitas yang ditekuni. Akan tetapi, bila tidak bertemu juga tidak ada rasa kehilangan, tidak saling mencari.
  4. Berteman dekat karena sudah ada kebutuhan untuk saling memahami satu sama lain. Demikian pula, ada kesepakatan untuk saling terbuka menceritakan masalah yang sedang dihadapi.
  5. Bersahabat sebagai tingkat pertemanan yang tertinggi. Masing-masing pihak sama-sama mengakui bahwa mereka adalah teman terbaik, di masa suka maupun duka, dan tidak perlu berpura-pura bila memang sedang menghadapi suatu masalah. Dengan sahabat, kita bersama-sama tertawa dan menangis dan kita rela membiarkan sahabat melihat sisi rapuh yang memang ada pada kita. Kebahagiaan sahabat adalah kebahagiaan kita, dan sebaliknya.