Soal dan Jawaban materi Pentingnya Konsep Integrasi Nasional – PPKn Kelas 10 SMA/SMK


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas X SMA/SMK materi Pentingnya Konsep Integrasi Nasional lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan pengertian Integrasi Nasional
  2. Apa yang dimaksud dengan Integrasi nasional secara politis
  3. Apa yang dimaksud dengan Integrasi nasional secara Antropologis
  4. Jelaskan pengertian Integrasi nasional menurut para ahli
  5. Apa yang dimaksud dengan Integrasi nasional bagi Indonesia
  6. Sebutkan syarat keberhasilan suatu integrasi di suatu negara
  7. Jelaskan penanaman kesadaran berkonstitusi
  8. Mengapa keseimbangan dalam menjalankan hak dan kewajiban harus dilakukan?
Kunci Jawaban:

1. Berikut pengertian Integrasi Nasional:
Integrasi nasional berasal dari dua kata, yaitu “integrasi” dan “nasional”. Integrasi berasal dari bahasa Inggris, integrate, artinya menyatupadukan, menggabungkan, mempersatukan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, integrasi artinya pembauran hingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Kata nasional berasal dari bahasa Inggris, nation yang artinya bangsa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, integrasi nasional mempunyai arti politis dan antropologis.

2. Secara politis Integrasi nasional adalah penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.

3. Secara Antropologis Integrasi nasional adalah proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.

4. Berikut pengertian Integrasi nasional menurut para ahli:
a. Howard Wriggins
Integrasi Nasional adalah penyatuan bagian yang berbeda-beda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan yang lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang jumlahnya banyak menjadi satu kesatuan bangsa.

b. Myron Weiner
Integrasi nasional adalah proses penyatuan berbagai kelompok sosial dan budaya ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional.

c. Dr. Nazaruddin Sjamsuddin
Integrasi nasional adalah proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Integrasi juga meliputi aspek vertikal dan horisontal.

d. J. Soedjati Djiwandono
Integrasi nasional adalah sebagai cara bagaimana kelestarian persatuan nasional dalam arti luas dapat didamaikan dengan hak menentukan nasib sendiri. Hak tersebut perlu dibatasi pada suatu taraf tertentu. Bila tidak, persatuan nasional akan dibahayakan.

5. Integrasi nasional bagi Indonesia adalah hasrat dan kesadaran untuk bersatu sebagai suatu bangsa, menjadi satu kesatuan bangsa secara resmi, dan direalisasikan dalam satu kesepakatan atau konsensus nasional melalui Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

6. Syarat keberhasilan suatu integrasi di suatu negara, antara lain:
  • Anggota-anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan-kebutuhan antara satu dan lainnya.
  • Terciptanya kesepakatan (konsensus) bersama mengenai norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman.
  • Norma-norma dan nilai-nilai sosial dijadikan aturan baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial.
7. Penanaman kesadaran berkonstitusi, yaitu Bangsa Indonesia harus mampu menunjukkan eksistensinya sebagai negara yang kuat dan mandiri, namun tidak meninggalkan kemitraan dan kerja sama dengan negara-negara lain dalam hubungan yang seimbang, saling menguntungkan, saling menghormati dan menghargai hak dan kewajiban masing-masing.

8. Keseimbangan dalam menjalankan hak dan kewajiban harus dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang bisa mengakibatkan kerugian bagi orang lain dan diri sendiri.