Soal dan Jawaban materi Faktor Pendorong dan Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia – PPKn Kelas 11 SMA/SMK


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XI SMA/SMK materi Faktor Pendorong dan Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Sebutkan dan jelaskan faktor pendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
  2. Sebutkan dan jelaskan faktor Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia
Kunci Jawaban:

1. Faktor pendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu:
  • Sumpah Pemuda, yakni satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu Indonesia. Ikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa telah menjadi penyemangat bangsa Indonesia untuk bersatu.
  • Pancasila, yakni menjadi pedoman hidup rakyat Indonesia tanpa memandang perbedaan suku bangsa, agama, budaya, bahasa, dan sebagainya.
  • Semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yakni walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Inti dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah adanya persatuan dalam berbagai perbedaan.
2. Sebutkan dan jelaskan faktor Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia
a. Kebhinnekaan/keberagaman pada masyarakat Indonesia
Apabila tidak diiringi dengan sikap saling menghargai, tidak menghormati, serta tidak adanya toleransi, maka keberagaman masyarakat Indonesia dapat mengakibatkan munculnya perbedaan pendapat yang memicu lepas kendali, tumbuhnya perasaan kedaerahan yang berlebihan yang dapat memicu terjadinya konflik antardaerah atau antarsuku bangsa.

b. Geografis
Wilayah Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan kepulauan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kondisi ini dapat semakin memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa apabila ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan dan hasil-hasil pembangunan masih belum dapat diatasi.

c. Munculnya gejala etnosentrisme
Etnosentrisme merupakan sikap menonjolkan kelebihan-kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain. Hal tersebut apabila tidak diatasi tentu saja akan memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa.

d. Melemahnya nilai budaya bangsa
Nilai-nilai budaya bangsa dapat melemah akibat kuatnya pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, baik melalui kontak langsung maupun kontak tidak langsung. Kontak langsung antara lain melalui unsur-unsur pariwisata. Kontak tidak langsung antara lain melalui media cetak (majalah, tabloid), atau media elektronik (televisi, radio, film, internet, telepon seluler yang mempunyai fitur atau fasilitas lengkap).

e. Pembangunan yang tidak merata
Proses pembangunan yang terpusat di wilayah-wilayah tertentu dapat menimbulkan kesenjangan dalam berbagai bidang. Hal tersebut apabila tidak diselesaikan dapat memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa.