Soal dan Jawaban materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika – PPKn Kelas 8 SMP/MTs


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas VIII SMP/MTs materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika lengkap dengan kunci jawaban.

Wacana:
Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya menggerakkan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, namun juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda. Suatu semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita, yang kemudian di bungkus dengan komitmen untuk senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa, satu tanah air yang pertama-tama ditandai dengan disepakatinya bahasa universal antarbangsa, bahasa Indonesia.

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia para Pemuda telah mampu memanfaatkan fase gejolak kepemudaan untuk diarahkan menjadi daya dorong dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sejarah mencatat organisasi pergerakan nasional pertama, yaitu Boedi Oetomo didirikan oleh mahasiswa Stovia di Batavia, mahasiswa tentunya termasuk dalam golongan Pemuda. Gelora untuk berjuang juga diwujudkan dalam bentuk organisasi pemuda lainnya seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Sumateranen Bond, dan lain-lain.


Soal Essay:
  1. Bagaimana perasaanmu ketika sejarah mencatat begitu banyak peran pemuda dalam memerdekakan dan membangun bangsa?
  2. Jika diperhatikan dalam wacana di atas, berikanlah karakteristik pemuda yang dapat disebut tulang punggung bangsa!
  3. Jika kalian berada pada zaman yang sama saat Sumpah Pemuda Tahun 1928, hal-hal apa yang akan dilakukan untuk menunjukkan jiwa kepemudaan?
  4. Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang sanggup menciptakan persatuan bangsa, apa yang dapat dilakukan pemuda sekarang dengan berbagai kemudahan seperti saat ini?
  5. Lanjutkan wacana di atas dengan pernyataan, ”sebagai pemuda masa kini saya akan ”
Kunci Jawaban:

1. Perasaan saya ketika sejarah mencatat begitu banyak peran pemuda dalam memerdekakan dan membangun bangsa yaitu: Sangat bangga karena para pemuda saat itu memiliki keinginan kuat untuk belajar serta memiliki karakter berani, menyukai tantangan, kreatif, pekerja keras, dan inovatif sehingga mampu melakukan perubahan dalam memerdekakan dan membangun bangsa.

2. Berdasarkan dalam wacana di atas, karakteristik pemuda yang dapat disebut tulang punggung bangsa yaitu: 
  • Memiliki keinginan kuat, cita-cita dan semangat tinggi yang terus berkobar.
  • Berjuang dengan semangat menggapai nilai-nilai luhur bangsa dan agamanya 
  • Memiliki potensi, tanggung jawab, hak, karakter, kapasitas, aktualisasi diri, dan cita- cita
3. Jika saya berada pada zaman yang sama saat Sumpah Pemuda Tahun 1928, hal-hal yang akan saya lakukan untuk menunjukkan jiwa kepemudaan adalah:
  • Menumbuhkan perasaan senasib sebagai bangsa
  • Membangkitkan semangat diri dan pemuda lain untuk memperjuangkan kepentingan nasional
  • Ikut berjuang untuk mewujudkan Proklamasi Kemerdekaan
4. Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang sanggup menciptakan persatuan bangsa, yang dapat dilakukan pemuda sekarang dengan berbagai kemudahan seperti saat ini adalah:
  • Mengangkat kembali nilai-nilai kebangsaan khususnya nilai-nilai yang terkandung dalam konstitusi UUD NRI Tahun 1945
  • Mengembangkan tenggang rasa, tepa selira dan menerima perbedaan dalam bentuk apapun
  • Mengakui keunggulan dan kelemahan orang lain maupun diri sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
5. Lanjutan wacana di atas dengan pernyataan:
Sebagai pemuda masa kini saya akan menjaga keutuhan bangsa dari berbagai tantangan, dampak globalisasi dan menumbuhkan sikap rasa cinta kepada tanah air, termasuk wujud mencintai keragaman budaya, agama, dan masyarakat.