Soal dan Jawaban materi Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila – PPKn Kelas 8 SMP/MTs


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas VIII SMP/MTs materi Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:

Wacana

Menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa merupakan salah satu bentuk menghargai dan mengamalkan Pancasila, yaitu sila pertama. Dalam hidup bermasyarakat dan bernegara banyak sekali nilai-nilai Pancasila yang dapat diamalkan. Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa dan pelaksanakan nilai-nilai Pancasila dilingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara menjadi kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia, yang harus dipupuk dalam diri kita adalah bagaimana memahami sejarah ideologi Pancasila dan menyadarinya bahwa para pendiri negara berjuang untuk mendudukan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka.

  1. Apa yang mungkin dapat kalian lakukan untuk mengamalkan sila-sila dalam Pancasila di lingkungan sekolah?
  2. Bagaimana menumbuhkan rasa cinta pada ideologi Pancasila?
  3. Berikan pendapatmu bagaimana mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat!
  4. Apa solusi yang dapat kalian berikan untuk menumbuhkan nilai kesadaran ber-Pancasila pada saat ini jika masyarakat lebih peduli pada dirinya sendiri?
  5. Tuliskan harapanmu untuk melanjutkan wacana di atas agar bangsa Indonesia mampu lebih maju berdasarkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa!

Kunci Jawaban:

1. Yang dapat saya lakukan untuk mengamalkan sila-sila dalam Pancasila di lingkungan sekolah, yaitu:
  • Sila Pertama: berdoa sebelum belajar, membaca kitab suci sesuai dengan agama masing-masing, mensyukuri dapat bersekolah, beteman, dan sehat.
  • Sila kedua: menghargai hak orang lain, perbedaan pendapat, menjaga harga diri manusia.
  • Sila ketiga: menjaga keamanan, kenyamanan, ketertiban di kelas maupun di lingkungan sekolah, menjalin persatuan dan kesatuan, mengikuti upacara bendera dengan hikmat.
  • Sila keempat: bermusyawarah dalam memutuskan permasalahan di kelas dan sekolah, bekerjasama dan bergotong royong dalam kebaikan.
  • Sila kelima: setia kawan, menolong tanpa pamrih, tidak curang, berlaku adil, mengutamakan kebenaran.
2. Menumbuhkan rasa cinta pada ideologi Pancasila adalah Mampu menghafalkan isi sila Pancasila secara berurutan, mengamalkan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, mengetahui makna yang terkandung dari simbol-simbol dalam perisau garuda, menghormati sejarah lahirnya Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

3. Mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu:
  • Sila pertama: bersama dengan sesama umat beragama saling toleransi dan bekerjasama, tenggang rasa pada umat yang berbeda, dan mensyukuri nikmat bermasyarakat.
  • Sila kedua: menghormati harkat dan martabat manusia, menjunjung hak asasi manusia, memperlakukan sesama manusia secara baik.
  • Sila ketiga: menjaga keamanan lingkungan, cinta tanah air, patriotik, mengutamakan kepentingan orang banyak.
  • Sila keempat: mengikuti dan melaksanakan Pemilu yang Luber dan Jurdil, demokratis, bermusyawarah, gotong royong, bekerjasama.
  • Sila kelima: memelihara dan mendukung pembangunan yang merata, menegakkan hukum dan kedisiplinan, menghargai hasil karya orang lain.
4. Solusi yang dapat saya berikan untuk menumbuhkan nilai kesadaran ber-Pancasila pada saat ini jika masyarakat lebih peduli pada dirinya sendiri adalah:
  • Belajar PPKn dengan baik dan bersungguh-sungguh.
  • Membaca dan memahami perjalanan sejarah bangsa Indonesia.
  • Memupuk rasa cinta tanah air melalui kegiatan patriotik seperti upacara bendera, menyanyikan lagu kebangsaan.
  • Melakukan kegiatan sosial di masyarakat.
  • Menghormati kebhinekaan bangsa dan bangga dengan produk dalam negeri.
5. Harapan saya untuk melanjutkan wacana di atas agar bangsa Indonesia mampu lebih maju berdasarkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa adalah:

Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara, yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Agar bangsa Indonesia mampu lebih maju, di harapkan seluruh elemen masyarakat dapat melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di manapun berada.