Soal dan Jawaban materi Makna Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup – PPKn Kelas 8 SMP/MTs

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas VIII SMP/MTs materi Makna Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Apa perbedaan arti pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup?
  2. Jelaskan fungsi dan peran pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
  3. Sebutkan manfaat pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
  4. Apa akibatnya jika tidak memiliki dasar negara dan pandangan hidup?

Kunci Jawaban:

1. Perbedaan arti pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup:
Arti pancasila sebagai dasar negara yaitu sebagai pondasi bagi berdirinya suatu Negara. Sedangkan arti pancasila sebagai pandangan hidup adalah sebagai sumber pelaksanaan kehidupan ketatanegaraan atau sumber segala peraturan yang ada dalam suatu negara.

2. Fungsi dan peran pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup yaitu: sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara, yang meliputi bidang idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

3. Manfaat pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup yaitu: memiliki pondasi yang kokoh dan memiliki landasan kehidupan berbangsa bernegara dan memiliki sumber hukum yang menjamin kepastian hukum disuatu negara.

4. Akibat jika tidak memiliki dasar negara dan pandangan hidup adalah maka suatu negara tidak akan terjamin keberlangsungannya. Sebab, dasar negara menjadi panduan dalam menciptakan keharmonisan dan ketertiban dalam bernegara.

Komentar