Soal dan Jawaban materi Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila – PPKn Kelas 8 SMP/MTs


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas VIII SMP/MTs materi Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Buatlah resume tentang Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila!
  2. Apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia?
  3. Apa fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia?
  4. Siapakah the Founding Fathers yang merumuskan Pancasila?
  5. Seperti apakah fungsi Pancasila bagi kehidupan bernegara?

Kunci Jawaban:

1. Arti Kedudukan pancasila menurut Tap MPR No. III/MPR/2000 tentang Sumber Hukum Nasional dan Tata Urutan Perundangan dinyatakan bahwa Pancasila berfungsi sebagai dasar negara. Hal ini mengandung maksud bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara, yang meliputi bidang idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Fungsi Pancasila sebagai berikut:
  • Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia.
  • Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia.
  • Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum.
  • Pancasila sebagai perjanjian luhur.
  • Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Pancasila sebagai moral pembangunan.
2. Arti Pancasila bagi bangsa Indonesia yaitu: Pancasila sebagai dasar negara dibentuk setelah menyerap berbagai pandangan yang berkembang secara demokratis dari para anggota BPUPKI dan PPKI sebagai pendiri negara Indonesia merdeka. Sejak disahkan secara konstitusional pada 18 Agustus 1945, Pancasila dapat dikatakan sebagai dasar negara, pandangan hidup, ideologi negara dan ligatur (pemersatu) dalam perikehidupan kebangsaan dan kenegaraan Indonesia.

3. Fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia yaitu sebagai dasar negara. Hal ini mengandung maksud bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara, yang meliputi bidang idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

4. The Founding Fathers yang merumuskan Pancasila adalah Mr. Muh. Yamin, Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno

5. Fungsi Pancasila bagi kehidupan bernegara adalah Pancasila sebagai sumber dari semua sumber hukum dalam penyelengaraan negara. Perancangan hukum, penerapan, penegakan, dan kepentingannya juga harus sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.