Soal dan Jawaban materi Menghadirkan Salat Dan Zikir Dalam Kehidupan - Agama Islam 7 SMP


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP materi Menghadirkan Salat Dan Zikir Dalam Kehidupan lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Bagaimana cara meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt.?
  2. Salat adalah sarana paling utama dalam hubungan antara manusia dengan-Nya. Salat memiliki kedudukan yang sangat penting dalam Islam. Salat adalah tiangnya agama. Mengapa salat sebagai tiang agama?
  3. Kita selalu mengingat Allah swt. dengan cara melaksanakan salat. Dengan melaksanakan salat kita akan mendapatkan ketenteraman hati dan akan terjaga dari perbuatan keji dan munkar. Berikan alasan, mengapa salat dapat mencegah keji dan munkar?
  4. Bagaimana sikap kalian apabila ada salah satu temanmu yang belum melaksanakan salat lima waktu?
  5. Bagaimana cara berzikir sesuai dengan ketentuan?
Kunci Jawaban:

1. Cara meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt, yaitu:
  • Melaksanakan salat dengan khusuk dan berkualitas.
  • Membaca dan memahami makna kandungan Al- Qu r ’ a n . 
  • berkumpul dengan orang-orang saleh.
  • membaca buku-buku agama.
  • menjalankan perintah Allah Swt. dengan konsisten.
2. Salat sebagai tiang agama karena agama Islam dibangun oleh rukun Islam yang diibaratkan sebagai penopang atau tiang berdirinya agama. Oleh karena itu apabila kita tidak mendirikan salat dengan benar maka kita telah merubuhkan agama.

3. Alasan Salat dapat mencegah keji dan munkar adalah Rasa takut akan tumbuh pada orang yang menegakkan salat. Mereka akan terdorong untuk menghindari dosa. Salat dapat mencegah mereka dari perbuatan keji dan munkar.

4. Sikap saya apabila ada salah satu teman yang belum melaksanakan salat lima waktu adalah menegurnya dengan sopan dan mengajak untuk melaksanakan salat lima waktu.

5. Cara berzikir sesuai dengan ketentuan adalah sebagai berikut:
  • Bertafakur dengan merenungkan ciptaan-Nya dengan keyakinan bahwa Allah Swt Maha Berkuasa atas segala hal.
  • Mengucapkan bacaan-bacaan baik yang mengandung makna mengagungkan Alla Swt, seperti tasbih, tahmid, takbir, tahlil, salawat, dan membaca Al-Qur’an
  • Melakukan kebaikan sesuai dengan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang.